home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Realita Kehidupan Pendatang di Prancis Tidaklah Seindah Emily in Paris

Rabu, 04 November 2020 14:45 by SartikaF | 662 hits
Realita Kehidupan Pendatang di Prancis Tidaklah Seindah Emily in Paris
Image source: Popsugar

DREAMERS.ID - Paris merupakan salah satu kota indah yang paling sering dikunjungi di seluruh Eropa. Tinggal di Paris merupakan impian bagi banyak orang. Khususnya bagi yang sudah menonton film Netflix Emily in Paris.

Kehidupan aestetik dengan segala kebahagiaan dan tantang yang kenyataannya sangat jauh untuk direalisasikan. Mulai dari bahasa yang cukup sulit, sanak saudara tidak ada, serta biaya hidup yang sangat tinggi pun telah menjadi kendala. Lantas bagaimana kehidupan sesungguhnya para anak rantau di Paris?

Melansir dari CNN Indonesia, serial Emily in Paris saat ini tengah viral di media sosial karena memicu berbagai perdebatan. Di satu sisi ada orang yang ingin mengikuti jejak Emily untuk tinggal di Paris karena serial ini menunjukan betapa indahnya ibukota Prancis ini.

Namun di sisi lain banyak pula yang mengkritik habis-habisan karena memandang serial ini terlalu klise dan tidak sesuai dengan realita. Beberapa mahasiswa yang pernah tinggal di Paris selama kurang lebih empat tahun mengatakan bahwa serial Emily in Paris banyak yang dilebih-lebihkan.

Sebagai contoh, adegan pertama kali menampilkan seakan-akan semua orang di Paris itu tidak sopan, padahal tidak demikian. Di Paris ketika seseorang mengucap "bonjour" atau "halo", maka otomatis lawan bicaranya akan menyapa balik, karena hal tersebut sudah menjadi tradisi di Paris.

Baca juga: Pemeran Alfie 'Emily in Paris' Dirumorkan Jadi James Bond Selanjutnya

Fakta tentang orang Prancis yang senang merokok, memang benar adanya. Namun bukannya makan siang diganti dengan sampanye dan rokok. Di serial Emily in Paris tidak ada yang merokok di dalam ruangan apalagi kantor. Hal ini sudah terlarang di Prancis sejak tahun 2007.

Jika Emily digambarkan mudah berkenalan dengan orang baru di Paris, hal itu lebih menggambarkan tipikal orang Amerika yang mudah akrab dengan orang yang tidak dikenal. Sedangkan  orang Prancis sudah memiliki lingkaran pertemannya sendiri, jadi untuk kenal dan dekat itu biasanya membutuhkan usaha dan jangka waktu yang tidak sebentar.

Secara garis besar, serial ini memang mengandung banyak klise dan stereotip tentang Prancis dan penduduknya yang jauh dari kenyataan. Tetapi seperti kebanyakan film atau serial Hollywood lainnya, 'Emily in Paris' memang ditujukan untuk hiburan semata.

Paris dengan segala keindahannya, bersih, elegan, semua yang digambarkan dalam serial ini hanyalah ilustrasi kehidupan Emily sebagai seorang ekspatriat atau pendatang yang lingkaran pertemanannya bisa dibilang kelas atas.

Hal yang perlu diperhatikan apabila sudah berniat untuk tinggal di Paris adalah biaya hidup yang lebih tinggi, penguasaan bahasa, dan pilih lingkaran pertemanan yang sehat. Ingat, hidup tidak semudah di film, Dreamers.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)