home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Saat Pandemi, Terbang dengan Pesawat Lebih Aman Dibanding ke Supermarket

Rabu, 04 November 2020 15:30 by RandyW | 4126 hits
Saat Pandemi, Terbang dengan Pesawat Lebih Aman Dibanding ke Supermarket
Image Source: The Hungry Doctor

DREAMERS.ID - Pesawat merupakan transportasi yang paling sering digunakan, karena bisa berpergian jarak jauh dan dengan waktu yang singkat. Baru-baru ini Universitas Havard melakukan penelitian tentang seberapa aman terbang naik pesawat di masa pandemi COVID-19.

Hasilnya, terbang dengan pesawat diklaim lebih aman dibandingkan berbelanja di supermarket. Dilansir dari detik, para peneliti menggunakan model komputer untuk menilai sirkulasi udara di dalam kabin pesawat.

Meski udara di dalam kabin disirkulasikan, namun udara tersebut sudah disaring dengan filter berkualitas tinggi. "Ventilasi ini adalah penangkal yang efektif bagi penumpang sebagai subjek dalam penerbangan," kata para peneliti Harvard dikutip dari CNN.

Baca juga: Maskapai Penerbangan Luar Negeri Berikan Asuransi Covid-19 Gratis

Namun peneliti dari Sekolah Kesehatan Masyarakat T.H Chan Harvard mengatakan bahwa sistem ventilasi tidak bisa menjadi faktor penentu utama, karena harus dibantu dengan mengenakan masker, menggunakan disinfektan, serta melakukan screening penumpang yang mengalami gejala COVID-19.

"Pendekatan secara berlapis, dengan ventilasi dari gate ke gate mengurangi resiko penularan SARS-Cov-2 di dalam pesawat, lebih rendah dibandingkan aktivitas rutin selama pandemi, seperti berbelanja di supermarket atau makan keluar di restoran," jelas peneliti dari Harvard.

Hasil dari penelitian Harvard berupa manekin yang dipakaikan masker di pesawat Boeing 767 dan 777 memiliki risiko terinfeksi yang minimal berkat efektifnya sistem ventilasi udara, dan juga penggunaan masker selama berada di dalam pesawat.

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)