home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Anggap Remeh, Sariawan 1 Bulan Bisa Jadi Gejala Kanker Mulut

Rabu, 18 November 2020 15:50 by SartikaF | 962 hits
Jangan Anggap Remeh, Sariawan 1 Bulan Bisa Jadi Gejala Kanker Mulut
Image source: Kompas.com

DREAMERS.ID - Sariawan adalah lesi yang dapat terjadi pada membran mukosa atau selaput lendir di mulut. Sariawan umum terjadi pada banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa karena berbagai sebab.

Meski biasanya bisa hilang dengan sendirinya, sariawan sering kali mengganggu, terutama saat sedang makan. Sariawan juga sering kali dianggap spele. Padahal sariawan yang lebih dari 1 bulan bisa jadi adalah pertanda kanker mulut lho.

Dokter spesialis penyakit mulut di RS Mitra Keluarga, Rusmawati telah mengatakan, bahwa secara umum perbedaan antara sariawan biasa dengan kanker mulut bisa diperhatikan dari beberapa hal, seperti waktu penyembuhan, tingkat [keparahan], lokasi, meraba sekitar luka, serta melihat perubahan warna.

Keberadaan bercak putih dan merah di rongga mulut bisa jadi salah satu petanda. Tak hanya bisa dilihat dari tingkat keparahannya, namun lamanya waktu sembuh sariawan juga jadi pertanda lain.

Rusmawati menyebutkan bahwa sariawan yang lebih dari 1 bulan menjadi salah satu penyebab kanker mulut. Selain itu, gejala kanker mulut juga bisa ditandai dengan adanya rasa sakit pada rongga mulut, dan pembengkakan pada dagu akibat kelenjar limfa submandibular yang membesar.

Gejala lain seperti rasa mengganjal di tenggorokan yang tak kunjung hilang akan menyebabkan seseorang mengalami kesulitan mengunyah dan menelan, serta gigi yang goyang atau tinggal di sekitar tumor juga menjadi gejala.

"Muncul juga benjolan pada leher, penurunan berat badan, dan bau mulut," tambah Rusmawati.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)