home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Yuk Buat Trail Mix, Camilan Sehat untuk Diet

Selasa, 01 Desember 2020 08:00 by SartikaF | 800 hits
Yuk Buat Trail Mix, Camilan Sehat untuk Diet
Image source: Wolipop

DREAMERS.ID - Bagi setiap orang mungkin tidak bisa untuk menghindari ngemil, apalagi bagi orang yang sedang diet. Namun kamu tidak perlu khawatir Dreamers, karena bisa membuat camilan sehat padat energi sendiri di rumah bernama Trail Mix.

Trail mix adalah camilan yang terbuat dari kacang-kacangan, biji-jijian, dan buah kering, yang cocok sebagai pengganjal saat lapar. Melansir dari Tempo, bahan-bahan untuk membuat trail mix cocok dijadikan sebagai camilan saat diet karena menyajikan banyak serat.

Selain serat, lemak sehat yang terkandung di dalamnya dapat membantu menurunkan kadar gula darah penderita diabetes. Namun perlu kamu ketahui bahwa camilan ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, dan harus memerhatikan bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya.

Salah-salah justru meningkatkan kadar gula dan berat badan. Bahan-bahan makanan yang biasa dikombinasikan dalam trail mix, di antaranya sereal atau oat, granola, cokelat seperti choco chips, produk permen cokelat. Biskuit asin, mulai dari pretzel, sesame stick, hingga rice cracker

Kacang-kacangan dan biji-bijian, misalnya almond, mete, hazelnut, biji bunga matahari, dan biji labu. Buah-buahan kering, contohnya kismis, aprikot, kurma, apel, pepaya, kranberi, ceri, dan buah-buahan yang dikeringkan.

Camilan ini mempunyai beragam kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh maupun kesehatanmu. Berikut ini nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam 1/2 cup (73 gram) trail mix:

Baca juga: 8 Camilan yang Aman Dikonsumsi Malam Hari, Nggak Bikin Gemuk

- Kalori: 353
- Karbohidrat: 33 gram
- Protein: 10 gram
- Total lemak: 23 gram
- Lemak jenuh: 4,4 gram
- Sodium: 88 mg
- Kalium: 473 mg
- Kalsium: 6,1 persen dari kebutuhan harian
- Zat besi: 14 persen dari kebutuhan harian
- Vitamin A: 0,1 persen dari kebutuhan harian
- Vitamin C: 1,6 persen dari kebutuhan harian

Perlu dicatat, angka di atas adalah kandungan nutrisi rata-rata dari berbagai macam produk trail mix yang ada di pasaran. Perbedaan jumlah nutrisi yang terkandung dalam trail mix bergantung pada bahan untuk membuatnya.

Untuk diet, sebaiknya hindari membeli trail mix dengan bahan pemanis seperti cokelat, permen, atau buah-buahan kering dengan tambahan gula. Jika ingin memakai buah-buahan kering, usahakan memilih produk yang tidak menggunakan tambahan gula.

Apabila menderita alergi terhadap kacang-kacangan atau biji-bijian tertentu, pilihlah produk dengan bahan lain seperti biji bunga matahari dan biji labu. Berikut ini bahan-bahan yang perlu dipersiapkan dalam membuat trail mix sehat dan cocok untuk diet rendah karbohidrat:

- 1 cup biji labu
- 1 cup (146 gram) kacang tanah yang telah dipanggang
- 1 cup kacang almond yang sudah dipanggang
- ½ cup (73 gram) kismis, dapat dikurangi jumlahnya untuk membatasi asupan gula
- 1 oz (28 gram) kelapa kering tanpa gula tambahan

Setelah menyiapkan bahan-bahan di atas, campurkan semuanya ke wadah khusus dan aduk secara rata. Resep trail mix tersebut dapat dikonsumsi sebanyak 16 kali dengan takaran 73 gram untuk setiap porsinya. Masing-masing porsi mengandung 6,5 gram karbohidrat dan 3,5 gram serat.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)