home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Peneliti di Jepang Ungkap Ada Dua Jenis Teh Mampu Menangkal Virus Corona

Rabu, 02 Desember 2020 14:30 by SartikaF | 3770 hits
Peneliti di Jepang Ungkap Ada Dua Jenis Teh Mampu Menangkal Virus Corona
Image source: Kompas.com

DREAMERS.ID - Beberapa diantara kita mungkin pernah tahu bahwa teh memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Belum lama ini, peneliti di Jepang mengungkapkan jenis teh yang bisa jadi penangkal virus corona atau COVID-19.

Pada Maret 2020 muncul kabar viral di China yang menyebut konsumsi teh bisa mencegah penularan virus Corona. Dikutip dari China Daily (3/3), informasi itu berasal dari akun WeChat milik Center for Disease Control and Prevention (CDC) Zhejiang pada 26 Februari 2020.

Melansir Detik, penelitian terbaru dari Nara Medical University, Jepang juga menemukan hal serupa. Mereka mengklaim rutin minum teh efektif tangkal virus corona. Alasannya karena beberapa jenis teh mengandung senyawa kimia yang bernama katekin yang memiliki kemampuan mengikat permukaan virus corona.

Katekin melapisi permukaan duri pada virus Corona sehingga mempersulit virus untuk mengikat ke sel tubuh manusia dan pada akhirnya lebih sulit untuk menginfeksi seseorang. Lantas teh jenis apa yang diklaim efektif tangkal corona?

Dikutip dari Sora News 24 (30/11), hasil penelitian memperlihatkan teh hitam yang teroksidasi kuat, menjadi yang paling efektif. Teh hitam bahkan mengurangi jumlah virus corona dengan kemampuan infeksi hingga 99 persen setelah satu menit, dan 99,9 persen setelah 10 menit.

Hal ini tentu saja merupakan kabar positif, tapi perlu diingat kalau tabung reaksi penelitian dan tubuh manusia adalah lingkungan yang sangat berbeda. Dengan kata lain, hasil penelitian ini belum begitu jelas efeknya pada tubuh manusia.

Sementara pada teh hijau, kandungan katekin di dalamnya juga sudah terbukti bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya bisa menghambat infeksi flu pada hewan dan manusia. Namun di luar semua hal positif ini, banyak orang masih meragukan hasil temuan peneliti Nara Medical University.

Mereka tak yakin jika konsumsi teh hitam atau teh hijau bisa dengan segera menyingkirkan virus corona dari tubuh. Melihat dari kebiasaan orang Inggris minum teh, tetapi masih banyak yang terjangkit virus corona.

Faktanya, saat ini hampir tidak bisa dipastikan bahwa teh TIDAK akan membuat seseorang kebal dari serangan virus Corona. Namun minum teh dalam jumlah sewajarnya bisa menjadi salah satu langkah kecil untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)