home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Harus Lebih Peka Bedakan Batuk Flu dengan Gejala COVID-19

Selasa, 08 Desember 2020 13:50 by RandyW | 3865 hits
Harus Lebih Peka Bedakan Batuk Flu dengan Gejala COVID-19
Image Source: Lifepack.id

DREAMERS.ID - Ketika musim penghujan datang, batuk dan pilek menjadi penyakit langganan yang dialami banyak orang. Hal ini tentu akan membuat orang bingung, apakah ia hanya flu biasa atau bukan. Pasalnya, salah satu gejala dari Covid-19 adalah batuk.

Walapun tidak semua batuk adalah gejala dari Covid-19, namun kita harus waspada dan harus mengidentifikasi secara dini. Lalu bagaimana cara membedakan batuk biasa dengan batuk yang merupakan gejala Covid-19?

Mengutip dari Medical Daily via Detik, Maja Husaric dan Vasso Apostolopoulos dari Universitas Victoria menjelaskan bahwa batuk yang merupakan gejala Covid-19 cenderung kering, persisten dan membuat orang sesak napas.

Batuk yang berasal dari Covid-19 biasanya tidak berdahak atau kering dan menyebabkan suara serak. Inilah yang membedakan batuk biasa dengan batuk dengan gejala Covid-19.

Akan tetapi jangan cepat menyimpulkan kalau batuk kering adalah Covid-19, karena batuk kering juga bisa disebabkan oleh penuomonia atau peradangan kantung udara di salah satu atau kedua paru-paru.

Lalu batuk kering yang seperti apa yang dapat dikatakan positif Covid-19? Jika seseorang mengalami batuk kering yang terjadi terus menerus sampai menganggu aktivitas, maka orang tersebut berpotensi terkena Covid-19. Terutama mereka yang diketahui memiliki kontak dengan pasien positif sebelumnya.

Gejala lain dari Covid-19 adalah demam lebih dari 37,8 derajat celcius. Gejala yang pada umumnya juga ikut muncul yaitu sakit tenggorokan, sakit kepala, diare, dan kehilangan kemampuan untuk membaui dan merasakan.

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)