home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Update Jadwal Kedatangan Vaksin Corona Kloter Selanjutnya Milik Indonesia

Rabu, 09 Desember 2020 14:15 by RizkiSetiawaan | 530 hits
Update Jadwal Kedatangan Vaksin Corona Kloter Selanjutnya Milik Indonesia
Image Source:kompas.com

DREAMERS.ID - Beberapa hari yang lalu, vaksin corona milik Indonesia telah tiba sebanyak 1,2 juta dosis. Sedangkan vaksin corona kloter selanjutnya akan menyusul untuk dikirimkan ke tanah air secara bertahap, dalam waktu dekat ini.

Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Budi Gunadi Sadikin merinci, pada bulan Desember 2020 ini ada 1,8 juta dosis vaksin dalam bentuk yang sudah jadi, dan ditambah 15 juta dosis dalam bentuk bahan baku curah.

"Kemudian akan ada 30 juta dosis bahan baku vaksin akan tiba Januari 2021, yang nantinya akan diproses menjadi 24 juta vaksin Corona jadi oleh PT Bio Farma yang akan jadi pada bulan setelahnya," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (8/12/2020), mengutip detik.

Pada tanggal 7 Desember 2020 lalu, pemerintah juga telah memberikan konfirmasi kepada GAVI sebagai penyedia vaksin untuk berpartisipasi, membuka akses 20% dari populasi masyarakat Indonesia supaya bisa mendapatkan vaksin dengan harga yang cukup baik melalui kerja sama multilateral dengan WHO.

Baca juga: Jleb! Inikah Sindiran Menohok Menko Luhut Untuk Kaum Anti Vaksin?

Budi juga mengatakan bahwa vaksinasi sendiri baru bisa dilakukan setelah mendapat izin dari BPOM. "Walau vaksin sudah mulai tiba, proses dimulainya vaksinasi akan dilakukan setelah izin penggunaan dikeluarkan oleh Badan POM," ujarnya.

Sebagai catatan, orang-orang yang prioritaskan yang akan lebih dahulu menerima suntik vaksin tersebut. Mereka adalah tenaga medis dan aparat. Selanjutnya pelayan publik seperti petugas bandara, stasiun kereta api, pelabuhan, pemadam kebakaran, PLN, PAM yang bertugas di lapangan.

Setelahnya, vaksin baru akan didistribusikan ke masyarakat berdasarkan perhitungan geolokasi terkait sebaran virus Covid-19 supaya pengunaan vaksin corona betul-betul efisien.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)