home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

7 Kesalahan Hidrasi Tubuh, Tidak Hanya Soal Cukup Minum Air

Kamis, 10 Desember 2020 15:30 by RizkiSetiawaan | 514 hits
7 Kesalahan Hidrasi Tubuh, Tidak Hanya Soal Cukup Minum Air
Image Source:food.detik.com

DREAMERS.ID - Hidrasi tubuh bukan hanya sekedar minum cukup air putih. Ada beberapa hal lain yang perlu diperhtikan, termasuk menghindari 7 keselahan hidrasi tubuh. Tubuh manusia terdiri dari 60% air. Karenanya memenuhi kebutuhan tubuh akan air (hidrasi) menjadi hal yang penting untuk menjaga tubuh tetap berfungsi optimal. Minum cukup air juga memberikan banyak kebaikan bagi tubuh selain menghidrasi.

Minum air yang cukup, sepanjang hari bisa membuat kulit bercahaya. Mempertahankan berat badan yang sehat, sehingga mengeluarkan racun dari tubuh. Hidrasi yang cukup bahkan dapat memengaruhi suasan hati seseorang menjadi lebih baik. Mencukupi cairan tubuh sebenarnya tak sekadar minum 8 gelas air sehari. Banyak hal yang perlu diperhatikan terkait pemenuhan cairan tubuh secara maksimal.

Melansir Brightside via Food detik, Bukan hanya jumlah air yang diasup, tetapi waktu minum air juga harus diperhatikan. Berikut ini 7 kesalahan hidrasi tubuh yang perlu dihindari:

Minum Setelah Olahraga                         

Minum air setelah berolahraga memang membantu hidrasi tubuh, tetapi ada hal yang tak kalah penting. Kamu juga dianjurkan minum cukup air sebelum dan selama berolahraga. Pasalnya jika memulai olahraga dengan kondisi cairan tubuh yang kurang akan membuat tubuh kehilangan lebih banyak cairan saat berolahraga dan berbahaya bagi kesehatan mental dan fisik.

Tetapi tidak perlu fokus menghidrasi dengan hanya air untuk mengembalikan keseimbangan cairan, pemenuhan cairan bisa juga dengan minum air kelapa, teh hitam atau hijau, dan bahkan susu coklat yang akan sama menghidrasinya seperti air.

Hidrasi Bukan Hanya Air Mineral

Secangkir kopi atau teh saat pagi bisa juga berfungsi sebagai minuman yang menghidrasi. Meskipun minuman ini sebagian besar mengandung kafein, tetapi tetap menambah jumlah cairan yang didapatkan tubuh setiap hari. Menurut sebuah penelitian, minum sekitar 3,5 cangkir kopi per hari akan membuat tubuh tetap terhidrasi seperti minum hanya air. Jadi, menghidrasi tubuh tidak melulu soal minum air putih.

Kurang Konsumsi Garam

Diet tinggi garam atau natrium dapat membuat tubuh dehidrasi karena natrium bersifat menarik dan menahan air. Namun, di sisi lain natrium juga punya peran untuk mendukung keseimbangan cairan dalam tubuh. Natrium secara alami dapat berkurang dari tubuh saat berkeringat. Konsumsi garam dan minum air yang cukup pun perlu dilakukan untuk mengganti natrium dan air yang hilang saat berkeringat tadi.

Minum 8 Gelas Sehari

Prinsip minum 8 gelas air sehari untuk menghidrasi tubuh begitu populer. Ternyata 8 gelas air dalam sehari masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan. Berapa banyak air yang dibutuhkan tergantung pada faktor gaya hidup seseorang. Misalnya keaktifan tubuh secara fisik, asupan makanan, lokasi tempat tinggal, aktivitas harian, dan banyak lagi. Untuk menghitung jumlah air yang dibutuhkan tubuh setiap hari bisa dengan cara menghitung 0,033 dikali berat badan dalam satuan kilogram.

Minum Air Setelah Bangun Tidur Pagi

Tubuh kehilangan cairan saat tidur. Buktinya kamu akan merasa haus ketika bangun tidur. Biasanya segelas air pun langsung ditenggak usai bangun tidur. Praktik minum seperti ini dengan kondisi perut kosong ternyata bukan cara paling efektif untuk menghidrasi tubuh setelah bangun tidur. Tubuh akan lebih mudah menyerap dan mempertahankan air jika cairan yang masuk pertama kali adalah cairan yang mengandung cukup nutrisi. Misalnya dengan minum jus jeruk pada pagi hari dibanding air mineral biasa.

Lupa Minum Saat Berolahraga

Ketika berolahraga tubuh akan kehilangan air melalui keringat dan pernapasan. Tetap terhidrasi selama berolahraga menjadi penting untuk mengatur suhu tubuh dan tekanan darah. Pakar kebugaran menyarankan minum air sebanyak 200 - 300 mili liter setiap 10 hingga 20 menit sekali selama berolahraga. Minum air saat berolahraga penting untuk menggantikan cairan tubuh yang keluar serta menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik.

Melupakan Makanan Kaya Air

Banyak buah dan sayuran yang dapat diperhitungkan dalam asupan cairan total harian. Beberapa buah seperti tomat, semangka, dan mentimun juga kaya akan kalium yang membantu tubuh tetap terhidrasi lebih lama. Makanan yang mengandung kadar air yang tinggi juga bisa menjadi sumber hidrasi bagi tubuh. Makan yang tepat dan minum air yang cukup akan sangat baik untuk menjaga tubuh tetap sehat dan memaksimalkan hidrasi tubuh.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)