home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Vaksin Corona Sinovac Tiba di Indonesia, Lalu Kapan Bisa Disuntikkan?

Selasa, 15 Desember 2020 11:20 by RizkiSetiawaan | 379 hits
Vaksin Corona Sinovac Tiba di Indonesia, Lalu Kapan Bisa Disuntikkan?
Image Source:detik.com

DREAMERS.ID - Vaksin Corona dari Sinovac, China sudah dikantongi oleh pemerintah Indonesia. Vaksin tersebut datang sebanyak 1,2 juta, tetapi vaksinasi baru bisa akan dilakukan setelah mendapatkan perizinan dari emergency use authorization (EUA) dari Badan POM.

Ketua Komite Penanganan covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto menjelaskan pada saat ini BPOM masih menunggu data datang dari Sinovac.

"Dan tentu ini kita berharap bahwa emergency use authorization dapat segera diterbitkan oleh Badan POM, dan Badan POM masih menunggu daripada data-data yang disampaikan oleh Sinovac," kata Airlangga, kemarin Senin (14/12/2020), mengutip detik.  

Dan selain itu BPOM juga sedang menunggu hasil clinical trial vaksin corona sinovac di Bandung, dan juga clinical trial di Brasil. Untuk yang di Brasil, Menteri Koordinator Perekonomian itu menjelaskan selesai Selasa (15/12/2020). Melalui kabar tersebut, BPOM diharapkan dapat mengeluarkan persetujuan untuk penggunaan vaksin corona untuk keperluan darurat.

"Tentunya dengan data-data yang ada diharapkan secara saintifik, Badan POM bisa mengeluarkan emergency use authorization. Nah, pelaksanaan program ini tentu kita dorong untuk membangkitkan rasa aman dan kepercayaan masyarakat, tidak hanya untuk melakukan konsumsi tetapi untuk berkegiatan sehari-hari," tambahnya.

Baca juga: Jleb! Inikah Sindiran Menohok Menko Luhut Untuk Kaum Anti Vaksin?

Sementara itu pemerintah juga belum menetapkan harga vaksin mandiri atau berbayar. Pemerintah juga menegaskan belum menetapkan harga vaksin corona. Hal itu untuk menepis info yang beredar di media sosial mengenai harga vaksinasi covid-19.

Juru bicara dari pemerintah sekaligus Direktur Pencengahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmidzi menegaskan hal tersebut untuk meredam simpang siur informasi.

"Pemerintah melalui Keputusan Menteri Kesehatan no. 9860/2020 telah menetapkan 6 jenis vaksin COVID-19 yang dapat digunakan di Indonesia, yaitu vaksin produksi Bio Farma, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer/BioNTech, dan Sinovac," kata dia melalui keterangan tertulis, Minggu (13/12/2020).

Kehadiran dan penggunaan dari vaksin corona tersebut dalam program vaksinasi di Indonesia. dijelaskan masih dinamis menguikuti proses pengadaan dan izin penggunaanya. Pemerintah juga memastikan belum menetapkan harga dari vaksin covid-19 yang akan digunakan di Indonesia.

"Informasi yang beredar saat ini tidak dapat dijadikan rujukan dan kami himbau masyarakat untuk menunggu pengumuman resmi pemerintah terkait vaksin dan vaksinasi COVID-19. Informasi resmi akan dapat diakses di situs kemkes.go.id, dan covid-19.go.id," paparnya.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)