home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sunmi Buka-bukaan Soal Gangguan Kepribadian yang Pernah Diidapnya

Kamis, 17 Desember 2020 11:00 by fzhchyn | 443 hits
Sunmi Buka-bukaan Soal Gangguan Kepribadian yang Pernah Diidapnya
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Dalam episode terbaru Mnet ‘Running Girls’ yang tayang 16 Desember, para pemainnya buka-bukaan mengenai kehidupan, karir, dan kekhawatiran mereka. Sunmi secara khusus berbicara tentang dirinya yang sempat didiagnosis mengalami borderline personality disorder.

FYI, Borderline personality disorder (BPD) atau gangguan kepribadian ambang adalah gangguan mental dimana seseorang mengalami kesulitan dalam mengatur atau menangani emosi, citra diri, dan perilakunya.

“Penting untuk mengambil istirahan saat kau mengalami kesulitan,” kata Sunmi. “Aku meninggalkan Wonder Girls untuk beristirahat. Saat itu, aku berurusan dengan penyakit mental daripada penyakit fisik. Aku memulai memulai debut sebagai artis solo, aku berpromosi dengan Wonder Girls lagi, aku meninggalkan agensi, dan aku punya banyak waktu untuk memikirkan diriku sendiri. Tapi waktu itu mulai menggerogotiku.”

Sunmi mengungkapkan, “Sekitar lima tahun lalu, aku didiagnosis dengan borderline personality disorder. Itulah yang sangat menyiksaku. Sungguh melegakan. Setelah aku didiagnosis, aku mendapat perawatan dan pengobatan, dan itu membaik. Kau harus menjaga fundamental tersebut agar orang-orang di sekitarmu juga bisa nyaman.”

Baca juga: Tampil Beda, Sunmi Usung Konsep Creepy dalam MV Comeback STRANGER

“Aku belajar bahwa gangguan kepribadian seperti ini sering kali berat bagi orang-orang di sekitarmu. Aku ingin orang-orang di sekitarku bahagia dan tidak terluka karenaku. Aku ingin mencintai mereka, tapi itu juga datang dari sesuatu dalam diriku yang ingin dicintai sebagai balasannya."

Ia melanjutkan, “Aku memulai debutn pada titik awal dalam hidupku. Aku memulai awal di masyarakat terlalu muda. Kita seharusnya mengembangkan 'diri' di masa remaja, tetapi aku menghabiskan sebagian besar waktu itu di dalam mobil. Aku rasa penting untuk merefleksikan diri sendiri, untuk mempelajari apa yang kau sukai dan apa yang kau kuasai, untuk mempelajari cara menangani perasaanmu. Aku sudah mengerti itu sekarang. Obat yang aku minum sudah berkurang banyak, jadi tidak perlu khawatir. Aku sangat kuat. Aku menjadi lebih kuat.”

Sunmi menulis lagu berbahasa Inggris berjudul ‘Borderline’ tentang pengalamannya dengan gangguan tersebut, yang dirilisnya pada bulan Agustus.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Kisruh antara Min Hee Jin dan HYBE semakin memanas. Kontroversi lain muncul setelah CEO label ADOR itu mengklaim bahwa pimpinan Bang Si Hyuk meniru idenya untuk menciptakan BTS....
  • HOT !
    ACEMAKER MOVIEWORKS mengumumkan bahwa film bertabur bintang Wonderland akan tayang perdana pada tanggal 5 Juni di bioskop Korea Selatan....
  • HOT !
    BTS dan UNICEF mengumumkan inisiatif #OnMyMind, yang merupakan bagian kedua dari kampanye LOVE MYSELF mereka. Inisiatif baru ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendukung kesehatan mental remaja di seluruh dunia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)