home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ingin ke Luar Negeri? Simak Cara untuk Membuat Visa Berikut Ini

Senin, 21 Desember 2020 15:50 by SartikaF | 478 hits
Ingin ke Luar Negeri? Simak Cara untuk Membuat Visa Berikut Ini
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Visa merupakan salah satu dokumen yang cukup penting jika kita ingin berkunjung ke suatu negara sebagai syarat izin masuk. Visa dibuat dengan berbagai syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh sang pemohon.

Segala bentuk visa pun beraneka ragam, ada yang berupa stempel ataupun stiker. Namun beberapa negara tidak menerapkan bahwa pengunjung harus memiliki visa, hanya beberapa negara saja yang mengharuskan pengunjungnya untuk membuat visa, seperti Korea Selatan, Amerika, dan Australia.

Melansir dari Okezone, berikut adalah syarat dalam pembuatan visa yang bisa kamu simak jika kamu berminat jalan-jalan ke negara yang memerlukan visa.

Jenis visa

1. Visa On Arrival

Jenis visa ini memperbolehkan para pelancong mengurus perizinan setelah mendarat di negara terkait. Masa berlaku visa berbeda-beda tergantung ketentuan negara. Nantinya, pelancong akan diberikan stempel atau stiker di pintu imigrasi negara tersebut dan di situ pula pembayaran biaya visa dilakukan.

2. Visa Sebelum Kedatangan

Visa sebelum kedatangan mengharuskan para pelancong untuk membuat visa sesaat sebelum melakukan penerbangan ke negara terkait. Pemohon harus mendatangi Kedubes negara terkait untuk membuat dan mendapatkan visa.

Dokumen persyaratan yang biasanya harus dipenuhi pemohon antara lain sebagai berikut:

- Paspor Asli

- Fotokopi Paspor (berupa stampel negara yang pernah dikunjungi dan identitas diri)

- Fotokopi KTP, Akta lahir dan Kartu Keluarga

- Fotokopi surat nikah (jika sudah menikah)

- Surat keterangan kerja dari perusahaan (dalam bahasa inggris)

Baca juga: Deretan Destinasi Wisata Alam di Korea Selatan

- Surat rekomendasi kampus atau sekolah untuk pelajar (dalam bahasa Inggris)

- Pas foto (sesuai ketentuan negara terkait)

- Rekening koran asli selama 3 bulan terakhir (cap/legalisir bank)

- Bukti booking Tiket pesawat beserta akomodasi lain

- Surat keterangan kerja dari perusahaan

- Asuransi Perjalanan (jika dibutuhkan)

3. Pembuatan visa apakah bisa diwakilkan?

Ada beberapa negara yang memperbolehkan pembuatan visa dengan bantuan Travel Agent, saudara maupun kerabat, contohnya seperti Korea Selatan. Namun ada pula yang tidak bisa diwakilkan seperti pembuatan visa Amerika, karena pemohon harus melakukan sesi wawancara bersama Kedubes.

4. Bagaimana cara mendaftar untuk permohonan visa?

Saat ini semakin berkembangnya teknologi, maka untuk mendaftar dan mengisi formulir permohonan dilakukan secara online di website resmi Kedubes negara terkait. Di dalam website resmi, terdapat semua informasi yang berkaitan dengan pembuatan visa.

Contohnya untuk mengetahui apakah visa kamu diterima atau ditolak, cara pembayaran dan di mana membayarnya, kemudian kapan kamu bisa mengambil visa tersebut, serta informasi lainnya.

5. Pengambilan visa

Pengambilan visa bisa dilakukan dengan datang ke Kedubes negara terkait seperti visa Korea Selatan yang mengharuskan pemohon mengambilnya di Kedubes. Adapun visa yang bisa dikirim ke alamat dan lokasi pemohon melalui kurir seperti visa Amerika.

"Setelah visa anda disetujui, kurir RPX akan mengembalikan paspor anda ke lokasi kurir yang anda tentukan ketika membuat jadwal wawancara. Biaya kurir untuk pengembalian paspor dan visa anda sudah termasuk dalam biaya permohonan visa," bunyi keterangan di laman resmi Kedubes Amerika, ustraveldocs.com

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)