home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sederet Grup K-Pop Bubar Tahun Ini karena Kontroversi hingga Pandemi

Jumat, 18 Desember 2020 20:00 by fzhchyn | 4377 hits
Sederet Grup K-Pop Bubar Tahun Ini karena Kontroversi hingga Pandemi
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Banyak grup K-Pop baru bermunculan yang debut di tahun ini, namun tak sedikit pula yang mengakhiri perjalanan mereka sebagai sebuah tim. Selama tahun 2020 ini, sejumlah grup sayangnya harus bubar karena berbagai faktor.

Ada beberapa yang memang dibubarkan karena kontrak kerja yang telah berakhir, dan para membernya memilih untuk melanjutkan karir masing-masing, namun ada pula yang terpaksa dibubarkan karena kondisi yang tidak mendukung.

Salah satu grup yang mungkin paling disayangkan fans untuk bubar adalah X1. Grup jebolan ‘Produce X 101’ ini debut pada 27 Agustus 2019 dan bubar pada Januari lalu. Pembubaran mereka dipicu oleh kabar manipulasi voting yang merebak sejak September 2019.


Situasi kurang menguntungkan juga terjadi pada girl group HINAPIA, di mana mereka harus bubar pada Agustus lalu. Rumor menyebar bahwa agensi mereka telah berhenti beroperasi karena kesulitan keuangan, yang mungkin diakibatkan oleh pandemi. Grup lainnya yang terpaksa harus bubar karena agensi yang mengalami kesulitan finansial di tengah kondisi pandemi adalah SPECTRUM pada Juli dan Neon Punch pada Agustus.


Sementara boy group 1THE9 bubar pada Agustus lalu karena kontrak mereka telah berakhir. Grup ini terbentuk pada 2018 melalui program survival ‘Under Nineteen’ dan memiliki kontrak 18 bulan.

Baca juga: 5 Grup K-pop Ini Dibubarkan dengan Alasan Aneh

Ada juga grup yang harus bubar karena buruknya manajemen agensi, seperti Yellow Bee pada Mei lalu. Agensi membubarkan mereka dengan alasan salah satu membernya ada menjalani gaya hidup “agak nakal”. Namun setelah itu, mantan member Ari mengklaim bahwa para anggota harus membayar tiket pesawat dan mengedit video dengan uang mereka sendiri, tidak diberikan staf untuk acara internasional, dan bahkan diserang oleh karyawan perusahaan.


Kemudian boy group TREI bubar pada Juni, di mana para member memutuskan kontrak mereka dengan agensi karena diduga masalah manajemen yang buruk. Hal serupa dilakukan ANS yang bubar pada Agustus, setelah para member mengajukan pembatalan kontrak.



Sementara itu, White Day bubar pada Oktober setelah satu per satu membernya meninggalkan grup karena masalah kesehatan dan hal pribadi lainnya. Lalu MASC bubar dengan cara baik-baik pada Oktober setelah empat tahun berkarir. Dan terakhir, adalah KHAN, duo yang bubar tanpa pernyataan resmi.

Update 31 Desember

Menutup tahun 2020, girl group gugudan mengejutkan fansnya dengan kabar bahwa mereka resmi mengakhiri kegiatan grup per tanggal 31 Desember. Sehari sebelumnya, agensi Jellyfish Entertainment mengumumkan bahwa gugudan dibubarkan setelah menjalankan karir selama 4 tahun sejak debut pada 28 Juni 2016.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BTS dan UNICEF mengumumkan inisiatif #OnMyMind, yang merupakan bagian kedua dari kampanye LOVE MYSELF mereka. Inisiatif baru ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendukung kesehatan mental remaja di seluruh dunia....
  • HOT !
    Doyoung menjadi anggota NCT selanjutnya yang resmi debut solo dengan merilis album pertama YOUTH pada 22 April pukul 6 sore KST, beserta lagu utama Little Light dan video musiknya....
  • HOT !
    Ji Chang Wook akan kembali ke Indonesia setelah dua tahun. Dia dikonfirmasi akan menggelar fansign di Jakarta....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)