home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Redakan Sakit Kepala Secara Alami Pakai 5 Essential Oil Ini

Selasa, 29 Desember 2020 17:30 by SartikaF | 440 hits
Redakan Sakit Kepala Secara Alami Pakai 5 Essential Oil Ini
Image source: Wolipop

DREAMERS.ID - Sakit kepala memang sangat menganggu. Banyak cara untuk menghilangkannya, tetapi pasti yang dicari pertama adalah obat. Efeknya? Bisa jadi mengantuk. Untuk menghindari hal tersebut, ada cara alami meredakan sakit kepala dengan essential oil.

Essential oil atau minyak aromaterapi menjadi tren belakangan ini, khususnya saat pandemi. Ada beberapa jenis essential oil yang dikatakan bisa mengurangi gejala migrain. Mengutip dari Hopkins Medicine, saat aroma essential oil di hirup, molekul aroma akan bergerak masuk kedalam saraf penciuman dan langsung menuju otak.

Aroma itu akan memengaruhi amigdala, pusat emosi otak. Hasilnya, otak akan mengirimkan sinyal kepada organ tubuh lain untuk dapat lebih rileks, termasuk meredakan sejumlah gejala sakit kepala dan migrain.

Dari sejumlah essential oil yang sudah dikembangkan dari tumbuhan, terdapat beberapa macam yang terbaik untuk meredakan sakit kepala secara alami. Berikut lima essential oil untuk sakit kepala mengutip Wolipop.

1. Rosemary

Dikutip dari Healthline, studi menunjukkan, rosemary memiliki sifat anti-inflamasi dan pereda nyeri yang kuat. Essential oil untuk sakit kepala ini dapat menghilangkan rasa sakit dan meningkatkan sirkulasi di dalam tubuh.

Essential oil rosemary dapat digunakan dengan cara mengoleskan atau memijatkan bagian tubuh dengan minyak ini. Rosemary juga dapat dicampur dengan minyak kelapa dan dimasukkan ke dalam air untuk berendam.

2. Kamomil

Minyak bunga kamomil juga dapat merilekskan tubuh dan menenangkan otot. Studi mendapati, kamomil dapat mengurangi gejala sakit kepala. Gunakan essential oil kamomil pada diffuser atau diteteskan dalam bak mandi.

3. Lavender

Minyak bunga lavender juga dapat membantu meredakan sakit kepala dan migrain. Lavender dapat membantu merilekskan saraf sehingga membuat tidur lebih nyenyak. Serta aman dan efektif untuk mengelola sakit kepala. Essential oil lavender dapat langsung dioleskan kepada kulit atau ditambahkan pada difuser dan bak mandi.

4. Kayu putih

Minyak eukaliptus atau kayu putih dapat meredakan sakit kepala yang berlarut-larut, terutama yang disebabkan karena sinus. Eukaliptus dapat membuka saluran hidung, membersihkan sinus, dan meredakan ketegangan pada sinus. Penggunaannya dapat dioleskan langsung pada bagian tubuh ataupun menambahkan ke air panas untuk menghirup uapnya.

5. Peppermint

Dilansir CNN Indonesia, minyak peppermint dapat mengobati sakit kepala dan serangan migrain. Kandungan mentol dalam peppermint dapat membantu mengendurkan otot dan meredakan nyeri saat diaplikasikan langsung ke tubuh. Minyak ini juga bisa dicampurkan dengan minyak kelapa.

Cara lain menggunakan minyak peppermint sebagai essential oil untuk sakit kepala adalah dengan menggunakan diffuser.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)