home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

3 MV K-Pop Ini Kena Tuduhan Plagiat di Tahun 2020

Rabu, 30 Desember 2020 20:20 by SidikTri | 1358 hits
3 MV K-Pop Ini Kena Tuduhan Plagiat di Tahun 2020
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Meskipun telah menjadi tahun yang buruk, tetapi tahun 2020 ini dihiasi oleh banyak pendatang baru industri K-Pop. Dengan lebih banyak grup baru yang memulai debutnya, membuktikan bahwa K-Pop terus mencoba untuk memberikan sesuatu yang baru.

Namun bersamaan dengan hal itu, 2020 juga telah menjadi tahun yang dipenuhi dengan banyak tuduhan plagiat terhadap beberapa grup baru tersebut. Melansir Kpopmap, berikut adalah 3 tuduhan plagiat terhadap grup rookie K-Pop di tahun 2020.

CRAVITY

Grup rookie besutan Starship Entertainment, CRAVITY, yang debut dengan lagu 'Break All The Rules' pada 14 April lalu tak luput dari tuduhan plagiat yang dilayangkan oleh para penggemar K-Pop. Mereka mengatakan bahwa ada elemen yang terlalu mirip dengan EXO dari SM Entertainment.

Tentu saja, kritik tersebut lebih ditujukan kepada agensi Starship Entertainment, bukan anggota CRAVITY. Beberapa fans menunjukkan bahwa logo EXO, bentuk huruf, serta simbol 'Break All The Rules' dari CRAVITY terlihat terlalu mirip. Selain itu,fans lain mengatakan bahwa adegan dari video klipnya pun juga tampak sama.

aespa

Girl grup rookie SM Entertainment ini memiliki lebih dari satu tuduhan plagiarisme. Pertama, banyak penggemar dan netizen yang menyatakan bahwa video klip 'Black Mamba' mirip dengan 'POP / STARS' milik K / DA. Keduanya menggunakan adegan di dalam kereta bawah tanah dan juga wajah monster yang tampak menyeramkan.

Baca juga: Foto-foto Teaser aespa Kembali Diterpa Isu Plagiat

Video klip aespa juga dikatakan penggemar mirip dengan karya seni milik Vacades (Timo Helgert) dan bahkan sang seniman sendiri pun sebenarnya juga telah memperhatikan kesamaannya. Timo Helgert akhirnya merilis pernyataan bahwa SM Entertainment telah menghubunginya untuk membahas masalah tersebut.

Tidak berhenti disitu, aespa lagi-lagi dituduh plagiat karena desain panggung saat tampil di Inkigayo sangat mirip dengan milik artis Blake Kathryn. Sang artis pun juga mengungkapkan adanya kemiripan yang mengaku kecewa.

Blake Kathryn menjelaskan bahwa bekerja dengan industri K-Pop selalu merupakan tujuan dan impian, tetapi cukup terkejut dan kecewa setelah mengetahui apa yang terjadi. Artis itu juga menyatakan niatnya untuk menangani masalah ini dengan cukup serius.

STAYC

STAYC telah menjadi girl grup yang menarik fans dalam waktu yang relatif singkat. Namun seperti beberapa debut rookie lainnya, MV 'So Bad' yang menjadi lagu debut mereka juga mendapat banyak tuduhan plagiat dari netizen yang menyebutnya punya banyak kemiripan dengan 'Midnight Sky' milik Miley Cyrus.

Tim produksi STAYC segera merilis pernyataan permintaan maaf. Legend Film, diduga agensi yang bertanggung jawab memproduksi MV untuk 'So Bad', menyatakan bahwa mereka malu atas masalah tersebut dan akan bertanggung jawab penuh untuk itu.

(sidk)

Komentar
  • HOT !
    Billboard menandatangani kemitraan strategis dengan Kakao Entertainment pada 18 April. Ini merupakan kolaborasi resmi pertama antara perusahaan K pop dan raksasa musik AS....
  • HOT !
    Drama baru SBS Connection dijadwalkan tayang perdana pada bulan Mei. Dibintangi oleh Ji Sung dan Jeon Mi Do, drama bergenre thriller kriminal ini meningkatkan antisipasi dengan merilis dokumentasi dari sesi diskusi naskah....
  • HOT !
    Kecintaan Lisa BLACKPINK terhadap supercar telah menarik perhatian banyak orang. Baru baru ini dalam video yang diunggah untuk merayakan ulang tahunnya, Lisa memperkenalkan mobil mewahnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)