home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Di Thailand, Bulu Ayam Diolah Jadi Makanan Bergizi

Minggu, 03 Januari 2021 14:10 by RizkiSetiawaan | 844 hits
Di Thailand, Bulu Ayam Diolah Jadi Makanan Bergizi
Image Source:food.detik.com

DREAMERS.ID - Bukan hanya dagingnya saja yang digunakan. Tetapi bulu ayam yang biasanya dibuang begitu saja pun bisa diubah menjadi makanan yang bergizi dengan kandungan protein yang sangat enak untuk dimakan di Thailand.

Melansir dari SCMP via Detik Food, peneliti bernama Sorawut Kittibanthorn berhasil mengembangkan bulu ayam menjadi bubuk tepung. Kemudian bubuk tepung ini bisa diolah menjadi makanan tinggi protein. Tentunya aman untuk dikonsumsi manusia.

"Bulu ayam mengandung protein. Apalagi jika kita bisa mengolahnya jadi makanan tinggi protein. Tentunya hal ini akan membantu mengurangi limbah dari bulu ayam," jelas pemilik gelar Master of Material Futeres dari London itu, mengutip detik.

Menurut data yang telah ada, setidaknya ada lebih dari 2,3 juta ton bulu ayam dibuang di Eropa setiap tahunnya. Jumlah ini belum termasuk bulu ayam di Asia yang tingkat konsumsinya lebih tinggi. Sorawut mengungkapkan bahwa idenya ini masih perlu dikembangkan dan diteliti lebih lanjut.

Tetapi ia sudah membuat prototipe atau contoh berupa chicken nugget dan steak dari olahan bubuk bulu ayam ini. "Tekstur bulu ayam ini sangat kompleks dan canggih. Banyak orang yang tidak menyangka bahwa bulu ayam bisa diubah menjadi makanan-makanan seperti ini," komen salah satu food blogger yang sudah mencoba makanan dari bulu ayam.

Bahkan banyak juga food blogger yang memuji cita rasa dari nugget dan steak bulu ayam, "Saya bisa membayangkan makanan-makanan ini disajikan di restoran mewah. Seperti restoran yang sudah memiliki Michelin Star, atau restoran dengan konsep fine dining," puji food blogger lainnya.

Sementara menurut Hathairat Rimkeeree, selaku ilmuwan makanan dari Kasesart University, "Saya rasa bulu ayam memang berpotensi menjadi pengganti sumber makanan di masa depan," ungkapnya.

Meski makanan dari bulu ayam ini tidak bisa dikategorikan sebagai makanan vegan atau vegetarian. Tapi Sorawut merasa bahwa makanan ini cocok dimasukkan ke restoran-restoran ramah lingkungan.

Selain bulu ayam, tren makanan dari limbah ini sebenarnya sudah populer sejak beberapa tahun terakhir. Banyak makanan yang dibuat dari cangkang telur, kulit wortel, sampai kulit pisang.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)