home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kecanggihan Konser Online K-Pop 2020 yang Bakal Jadi Tren Hingga Tahun Ini

Jumat, 01 Januari 2021 11:30 by fzhchyn | 829 hits
Kecanggihan Konser Online K-Pop 2020 yang Bakal Jadi Tren Hingga Tahun Ini
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Konser online telah menjadi tren baru di tahun 2020 akibat pandemi COVID-19 yang berkepanjangan di berbagai belahan dunia. Dan memasuki tahun 2021, penyelenggaraan konser secara virtual ini pun nampaknya masih akan menjadi tren.

Selama tahun 2020 sendiri, sudah banyak grup K-Pop yang menggelar konser online mereka yang mengundang puluhan bahkan ratusan ribu fans. Beberapa di antaranya menyajikan pertunjukkan yang megah dengan menggabungkan teknologi canggih.

Seperti diketahui, format konser online sangat terbatas, namun dengan teknologi digital seperti augmented reality (AR) dan extented reality (XR) yang digunakan, bisa membuat panggung terlihat lebih megah dan mewah, dengan lebih banyak warna dan daya tarik dibanding konser offline.

Seperti yang disajikan Beyond Live, sebuah layanan streaming konser online yang disiarkan secara langsung di platform Naver VLIVE, yang pertama kali didirikan pada April 2020 oleh SM Entertainment dengan Naver. Kemudian pada Agustus, JYP Entertainment juga bergabung.

Ini adalah layanan streaming konser berbayar pertama di dunia yang menghadirkan konser online langsung berskala penuh yang dibantu oleh teknologi seperti AR dan dengan interaksi real-time antara artis dan penonton.


Baca juga: SEVENTEEN Gelar Konser Online Bulan Depan, Ini Detail dan Harganya

Artis pertama yang menggelar konser Beyond Live adalah SuperM, yang ditaksir menjual 75.000 tiket dengan penonton dari 109 negara di seluruh dunia. Setelah itu, artis SM lainnya juga mengadakan konser serupa dengan konsep masing-masing yang tak kalah megahnya. Sementara artis JYP yang sudah menggelar konser Beyond Live adalah TWICE dan Stray Kids.

Hal serupa dilakukan Big Hit Entertainment saat BTS menggelar konser online ‘Map of the Soul ON:E’ pada Oktober lalu. Mereka bekerja sama dengan Kiswe, perusahaan startup di bidang produksi video dan live streaming yang berbasis di Amerika Serikat.

Dalam konser tersebut, BTS menyuguhkan 23 penampilan selama 150 menit dengan menggunakan teknologi seperti multi-view, resolusi 4K, AR, dan XR. Konser ini juga berhasil memecahkan rekor dengan menarik 993.000 penonton selama dua hari di 191 wilayah negara dan ditaksir meraup sekitar 494 miliar rupiah.


Kecanggihan lainnya yang berhasil ditampilkan dalam konser online K-Pop adalah hologram 3D, seperti penampilan Suga BTS di Mnet Asian Music Awards 2020 dan mendiang Shin Hae Chul di konser akhir tahun BigHit Labels pada 31 Desember kemarin.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    We The Fest 2024 telah mengumumkan line up fase pertama yang diisi oleh sejumlah musisi ternama Indonesia maupun luar negeri....
  • HOT !
    Tahun lalu, Kim Hieora terlibat dalam skandal bullying atau kekerasan di sekolah dan tuduhan penyerangan fisik yang dilakukan terhadapnya oleh mantan teman sekelas sekolah menengahnya....
  • HOT !
    BOYNEXTDOOR memecahkan rekornya sendiri dengan comeback terbaru mereka. Tak hanya penjualan album fisik, performa secara digital juga mengalami peningkatan dari comeback sebelumnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)