home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Young Lex 'Raja Terakhir' Diserbu Usai Diduga Plagiat MV Lay EXO

Selasa, 09 Maret 2021 09:00 by muthiasp | 620 hits
Young Lex 'Raja Terakhir' Diserbu Usai Diduga Plagiat MV Lay EXO
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Media sosial diramaikan dengan tagar RESPECT ZHANG YIXING yang merupakan nama asli Lay EXO. Rupanya, para penggemar marah karena konsep video musik Lay EXO untuk lagu Lit diduga diplagiat oleh Young Lex, rapper Indonesia.

Pada 8 Maret, Young Lex merilis video musik dari lagu Raja Terakhir (The Last King). Hanya beberapa jam setelah dirilis, penggemar K-Pop khususnya fans Lay EXO melihat banyaknya kesamaan dengan MV lagu Lit.

Video musik lagu Lit dirilis pada Juni 2020 lalu oleh Lay EXO, sebagai single solonya di Tiongkok. Sehingga konsep yang disajikan memperlihatkan berbagai elemen tradisional Tiongkok.

Menurut penggemar, unsur-unsur musiknya, visual, gaya, dan koreografi dalam video musik Young Lex semuanya sangat mirip dengan video musik Lay EXO. Salah satunya naga dari CGI yang muncul dari belakang bangunan khas Cina.

Naga di dua video musik memiliki desain yang serupa, dan keduanya menampilkan bulan besar di latar belakang serta pad penjaga yang memegang bendera di latar depan. Bahkan pembingkaian kedua bidikan tersebut hampir identik.

Adegan break dance dari Lit juga tampaknya telah diikuti dalam video musik Young Lex. Dari skema warna dan motif api hingga cara pergerakan Lay dan Young Lex begitu serupa. Begitu pula dengan beberapa pakaian dalam video musik yang mirip.

Baca juga: Produser Minta Maaf Atas Isu Plagiat, MV Raja Terakhir Lenyap dari Youtube Young Lex

Seperti Lay, Young Lex mengenakan outfit tradisional berwarna hitam dengan trim perak yang sama, dan penari latar semuanya berpakaian hitam. Selain itu, adegan tarian juga dilakukan di depan tangga batu.

Belum selesai, angle pengambilan gambar serta pakaian dari seorang model wanita juga sama. Dan adegan lain yang menampilkan Young Lex menghadapi seekor naga. Fyi, video musik Raja Terakhir juga menjadi konten promosi gim Three Kingdoms: Hero Legendaris.

Fans semakin murka karena Young Lex sempat menulis komentar berbunyi, "Fans k-pop otak micin akan bilang ini plagiat," tetapi sudah dihapus. Serta tidak ditemukannya kredit jika memang video musik Lay menjadi inspirasinya.

Penggemar ramai-ramai meminta agar Young Lex menurunkan videonya. Mereka tidak terima usaha Lay yang membuat video musik dengan budget hingga 2M disalin begitu saja. Fans Lay di Cina juga kabarnya telah mencoba menghubungi manajemen Lay Studio, terkait isu plagiarisme ini.

Sementara itu pada 9 Maret pagi, video musik Young Lex - Raja Terakhir sudah ditonton lebih dari 271 ribu dengan jumlah like 10 ribu lebih dan dislike 16 ribu.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BTS dan UNICEF mengumumkan inisiatif #OnMyMind, yang merupakan bagian kedua dari kampanye LOVE MYSELF mereka. Inisiatif baru ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendukung kesehatan mental remaja di seluruh dunia....
  • HOT !
    Doyoung menjadi anggota NCT selanjutnya yang resmi debut solo dengan merilis album pertama YOUTH pada 22 April pukul 6 sore KST, beserta lagu utama Little Light dan video musiknya....
  • HOT !
    Ji Chang Wook akan kembali ke Indonesia setelah dua tahun. Dia dikonfirmasi akan menggelar fansign di Jakarta....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)