home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fakta-Fakta Tenggelamnya Kapal Selam KRI Nanggala 402

Sabtu, 24 April 2021 20:15 by bellaevania | 906 hits
Fakta-Fakta Tenggelamnya Kapal Selam KRI Nanggala 402
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Masyarakat Indonesia tengah berduka atas musibah tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang kontak di perairan Bali sejak Rabu, 21 April 2021. Kapal selam tersebut membawa 53 orang kru. Berikut sejumlah fakta tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402:

Kapal Tua Buatan Jerman

KRI Nanggala merupakan kapal yang diresmikan pengunaannya oleh Menteri Pertahanan Keamanan/Panglima Angkatan Bersenjata Jenderal TNI Mohammad Jusuf pada tanggal 21 Oktober 1981 di Dermaga Ujung Surabaya. Kapal selam ini melakukan perbaikan pada 1989 di Jerman dan di Korea Selatan pada 2012.

Hilang Kontak Saat Latihan

KRI Nanggala hilang kontak setelah melakukan latihan penembakan torpedo di Laut Bali. TNI Angkatan Laut menyatakan Naggala meminta persetujuan pada pukul 03.00 WIB untuk menyelam dan menembakkan torpedo. Komunikasi terakhir dilakukan pukul 04.25 WIB. Dan dinyatakan hilang kontak pada pukul 04.30 WIB.

Oksigen Tersisa 72 Jam

Baca juga: Momen Bencana dan Duka Bersama Indonesia Sepanjang 2021

Pada 22 April, Laksamana Pertama Julius Widjojono mengatakan bahwa cadangan oksigen di Nanggala masih cukup untuk 72 jam. Terakhir hingga Sabtu, 24 April 2021 pada pukul 03.00 WITA.

Ditemukan Tumpahan Minyak dan Serpihan

Ditemukan puing-puing yang diyakini berasal dari Nanggala. Diantaranya pelurus tabung torpedo, pipa pendingin, botol berwarna oranye yang berfungsi untuk pelumasan naik turun kapal selam, alas yang dipakai ABK, serta spons.

Diduga Tenggelam di Kedalaman 800 Meter

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebut status KRI Nanggala-402 menuju fase tenggelam atau sub-sink usai temuan serpihan, barang, serta tumpahan minyak. Saat ini Nanggala diduga berada di kedalaman 850 meter, jauh di bawah kedalaman operasi maksimumnya yakni 500 meter.

(bef

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)