home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Militer Korea Tak Lagi Terima Wajib Militer Artis yang Terlibat Kasus Hukum

Rabu, 30 Juni 2021 12:30 by muthiasp | 666 hits
Militer Korea Tak Lagi Terima Wajib Militer Artis yang Terlibat Kasus Hukum
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Militer Korea Selatan baru saja menambahkan aturan baru, bagi para selebritas yang akan masuk wajib militer. Peraturan ini melarang mereka yang terlibat kasus hukum untuk mengikuti wajib militer.

Melansir laman Hankook Kyungjae via Allkpop, Menurut buklet yang diterbitkan oleh Kementerian Strategi dan Keuangan pada Senin (28/6), "Perubahan akan berlangsung mulai dari paruh kedua tahun 2021. Tanggal pendaftaran wajib militer untuk selebriti yang sedang diselidiki secara hukum akan ditunda seperti yang diminta oleh kepala dari lembaga investigasi."

Mengenai latar belakang tindakan tersebut, Administrasi Tenaga Kerja Militer menjelaskan, "Jika seseorang bergabung dengan militer saat sedang diselidiki atas tuduhan kriminal, kelangsungan penyelidikan akan terputus dan orang tersebut tidak akan dapat berkonsentrasi pada dinas militernya."

Diantara contoh kasusnya adalah Seungri yang masih menjalani proses hukum untuk 'Skandal Burning Sun'. Di tengah persidangan, Seungri mendaftar wajib militer. Selain itu, aktor Lee Seo Won juga menjalani wajib militer saat diadili karena pelecehan dan intimidasi seksual.

Oleh karena itu, ada kekhawatiran yang meningkat bahwa orang-orang ini telah memilih untuk mendaftar wajib militer sebagai cara untuk menghindari hukuman atas kejahatan mereka.

Baca juga: Tanggal Wajib Militer Bobby iKON Mundur Menjadi Awal Juni

Tindakan seperti itu dilihat sebagai "daftar wajib militer untuk melarikan diri" karena ada sejumlah selebriti yang mendaftar di militer selama persidangan aktif. Sehingga, aturan baru akan mencegah apa yang disebut, "daftar wajib militer untuk melarikan diri."

Target dari aturan baru ini adalah mereka yang sedang menjalani pemeriksaan atas tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara atau lebih. Jika kepala badan investigasi meminta penundaan tanggal pendaftaran, kepala kantor urusan militer setempat dapat menunda pendaftaran hingga satu tahun di bawah kekuasaannya.

Selain itu, pemerintah akan memperkuat sanksi bagi mereka yang tidak rajin melayani publik. Mulai Oktober, individu dari bidang seni dan olahraga yang tidak memenuhi standar waktu triwulanan untuk layanan publik akan diberikan peringatan, dan akan didakwa jika mereka menerima lebih dari empat peringatan.

Orang tersebut akan segera didakwa dan akan menjalani masa tugas tambahan jika mereka terbukti bersalah. Jika orang dari bidang seni dan olahraga gagal menyelesaikan 544 jam layanan umum khusus (layanan sukarelawan) selama masa layanan wajib (34 bulan), masa layanan wajib diperpanjang sampai waktu yang diperlukan selesai.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)