home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Selain Berjemur, Ini 6 Makanan Sumber Vitamin D yang Bisa Kamu Konsumsi

Kamis, 22 Juli 2021 07:00 by rizaluthfiah | 2197 hits
Selain Berjemur, Ini 6 Makanan Sumber Vitamin D yang Bisa Kamu Konsumsi
Image Source : lemonilo

DREAMERS.ID - Tidak hanya berjemur di bawah sinar matahari atau mengkonsumsi suplemen vitamin D, tetapi ada sumber lain yang bisa kalian konsumsi, salah satunya yaitu makanan. Ada beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin D yang baik bagi tubuh kita.

Melansir laman CNN Indonesia, perlu diketahui bahwa vitamin D adalah vitamin larut lemak. Artinya, tubuh memerlukan lemak untuk bisa memproses vitamin D agar fungsinya tercapai.

Di dalam tubuh, vitamin D berfungsi menyerap mineral kalsium, membantu penguatan tulang dan gigi, membantu membentuk sistem kekebalan tubuh, hingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Berikut beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin D baik untuk dikonsumsi:

1. Ikan Salmon

Ariska mengatakan, ikan salmon merupakan sumber vitamin D. Salmon juga merupakan bahan makanan yang paling banyak mengandung vitamin D dari makanan lainnya.

"Dalam 100 gram salmon, ada 526 IU vitamin D, itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin D Anda," ucap Ariska

2. Ikan Sarden

Ikan sarden juga merupakan sumber vitamin D dari makanan. Meski kandungan vitamin D ikan sarden tak setinggi ikan salmon, sarden bisa jadi pilihan karena harganya yang terjangkau.

Menurut Ariska, dalam 100 gram sarden terdapat sekitar 270-300 IU vitamin D.

3. Ikan Tuna

Baca juga: Perlu Kamu Ketahui, Ini Akibat Berlebihan Konsumsi Vitamin D

Jenis ikan lainnya yang juga mengandung vitamin D adalah ikan tuna. Rata-rata dalam 100 gram ikan tuna terdapat 227 IU vitamin D.

4. Jamur

Jamur merupakan sumber vitamin D, kamu yang vegetarian bisa memilih konsumsi jamur untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian.

Sebenarnya kandungan vitamin D pada jamur berbeda-beda, bergantung pada jenis jamurnya. Jamur liar biasanya memiliki lebih banyak vitamin D daripada jenis jamur yang ditanam komersil.

5. Kuning Telur

Kuning telur memiliki reputasi buruk karena bisa meningkatkan kolesterol jahat. Meski demikian, bukan berarti Anda menghindari makan kuning telur.

Kuning telur kaya akan vitamin D, seng, dan selenium yang berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

6. Minyak Ikan Kod

Minyak ikan kod sudah dikenal sebagai suplemen populer kaya akan vitamin D. Konsumsi minyak ikan kod bisa jadi pilihan jika Anda tak suka ikan.

Kandungan vitamin D pada satu sendok minyak ikan kod juga cukup besar, mencapai 448 IU, menjadikan minyak ikan kod sebagai sumber vitamin D.

Jangan lupa sempatkan berjemur untuk memaksimalkan vitamin D dalam tubuh. Cukup 10-15 menit saja ya, Dreamers.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)