home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Terkecoh, Ini 4 Cara Membedakan Oxymeter Asli dan Palsu

Selasa, 27 Juli 2021 14:30 by rizaluthfiah | 542 hits
Jangan Terkecoh, Ini 4 Cara Membedakan Oxymeter Asli dan Palsu
Image Source : Alodokter

DREAMERS.ID - Semenjak melonjaknya kasus Covid-19, rumah sakit tidak mampu lagi untuk menampung semua pasien positif Covid-19. Isolasi mandiri dirumah menjadi alternatif lain bagi pasien Covid-19, dengan Oxymeter sebagai barang wajib yang harus dimiliki.

Oxymeter digunakan untuk mengecek saturasi oksigen dalam darah. Pantauan saturasi oksigen sangat penting mengingat kadar oksigen rendah kerap tidak menimbulkan gejala atau disebut happy hypoxia pada penderita covid-19.

Banyak beredar kalau ada saja pihak tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan momen dan membuat produk palsu. Dikutip dari CNN Indonesia, ada beberapa cara untuk mengecek apakah oxymeter yang kamu miliki asli atau palsu.

1. Gunakan Untuk Mengukur

Oxymeter biasanya praktis digunakan hanya dengan memasukkan jari pada alat berukuran mini. Coba ukur saturasi oksigen kamu. Jika oxymeter memberikan informasi berupa grafik, berarti alat ini asli.

Oximeter palsu hanya menunjukkan angka kadar oksigen tanpa grafik. Sebaiknya ulangi hingga 3 kali pengukuran untuk melihat keaslian alat.

2. Mengikat Jari dengan Benang atau Karet

Sebelum menggunakan oxymeter, coba ikat jari dengan benang atau karet gelang. Buat ikatan agak kencang sehingga aliran darah ke jari melambat. Oxymeter asli akan menunjukkan angka yang terus menurun. Sedangkan oxymeter palsu akan menunjukkan angka tetap atau bertambah.

3. Memasukan Pensil

Dengan memasukkan pensil, oxymeter palsu bakal memberikan hasil atau angka saturasi oksigen. Sedangkan oxymeter asli tidak akan memberikan hasil sama sekali.

4. Cek Sertifikasi

Harga selalu jadi pertimbangan utama menyoal oximeter. Namun sebenarnya salah satu hal utama yang perlu diperhatikan adalah sertifikasinya. Alat yang bisa dipercaya keaslian dan efektivitasnya akan memperoleh sertifikasi dari FDA (Food and Drug Administration), RoHS (Restriction of Hazardous Substances Directive 2002/95/EC) dan CE (Conformité Européenne).

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)