home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Varian Virus COVID-19 Mutasi Lokal Asal Indonesia Dipantau WHO, Seberapa Bahaya?

Rabu, 28 Juli 2021 12:00 by rizaluthfiah | 653 hits
Varian Virus COVID-19 Mutasi Lokal Asal Indonesia Dipantau WHO, Seberapa Bahaya?
Image Source : Nice Matin

DREAMERS.ID - Salah satu varian terbaru virus Covid-19 yaitu B1466.2 telah masuk daftar Alert for Further Monitoring yang mana tengah dipantau oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang dilaporkan pertama kali ditemukan di Indonesia pada November 2020 lalu.

Melansir dari laman detik, varian B14662 ini masuk ke dalam klasifikasi Alerts for Further Monitoring WHO pada 28 April 2021. Namun belum masuk klasifikasi variant of concern (VoC) varian yang dikhawatirkan, maupun variant of interest (VoI).

Direktur Pencegahan dan Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi tidak menolak kemungkinan tersebut. Namun, kepastiannya tentu kembali pada kajian WHO. "Bisa jadi (masuk VoC/VoI), tergantung," jelas dr Nadia, mengutip detik (27/7).

Seperti diketahui, varian baru corona yang masuk daftar VoC diyakini memiliki penularan lebih cepat, hingga potensi gejala COVID-19, bahkan ada dampak pada efektivitas vaksin Corona.

"Nanti itu WHO yang menentukan dengan para ahli-nya," sambung dr Nadia saat ditanya kemungkinan varian lokal masuk VoC atau VoI. 

Hingga kini, beberapa varian Corona berbahaya yang sudah masuk Indonesia adalah varian Corona Delta (B1617.2), Delta Plus (AY.1), varian Alpha (B117), varian Beta (B1351). Total varian Corona berbahaya yang paling mendominasi di Indonesia adalah varian COVID-19 Delta yaitu 897 kasus per 24 Juli.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)