home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pelajar Asing yang Sekolah di Korea Diminta Tunda Kedatangan Atau Harus Tes PCR 3x

Kamis, 29 Juli 2021 16:15 by rizaluthfiah | 687 hits
Pelajar Asing yang Sekolah di Korea Diminta Tunda Kedatangan Atau Harus Tes PCR 3x
Image Source: Korea Herald

DREAMERS.ID - Melonjaknya kasus Covid-19 memberikan dampak buruk bagi banyak orang-orang, salah satunya pelajar internasional yang ingin sekolah di Korea Selatan. Ada sejumlah aturan baru yang diterapkan menyusul kedatangan mereka.

Menurut Kementrian Pendidikan Korea Selatan, pelajar internasional dari negara-negara yang terdeteksi virus Covid-19 untuk sementara waktu tidak disarankan untuk datang ke Korea, sampai tingkat vaksinasi dosis pertama di negeri ginseng mencapai 70 persen.

Kementerian berencana untuk memberikan kemudahan akademik bagi siswa dari 26 negara, seperti mengambil kelas jarak jauh sehingga mereka dapat mengikuti kursus bahasa sebelum memasuki negara tersebut.

Ke-26 negara tersebut termasuk Afrika Selatan, Malawi, Botswana, Mozambik, Eswatini, Zimbabwe, Bangladesh, Brasil, Suriname, Paraguay, Chili, Uruguay, Filipina, India, Uni Emirat Arab, Uzbekistan, Vietnam, Nepal, Rusia, Lebanon, Malaysia, Haiti, Angola, Kuwait, Trinidad, Tobago, dan Indonesia.

Melansir laman Korea Herald, sebagai tindakan pencegahan COVID-19 di Korea, mahasiswa asing diwajibkan untuk menyerahkan hasil tes negatif yang diambil sebelum keberangkatan di negara asal mereka setibanya di bandara Korea. Hasil negatif dari alat tes mandiri tidak diterima.

Mereka kemudian harus menginstal aplikasi karantina mandiri di ponsel dan memulai isolasi mandiri wajib selama 14 hari. Selanjutnya, mereka harus dites lagi pada hari berikutnya setelah kedatangan. Tes bisa dilakukan di puskesmas terdekat dari tempat isolasi mandiri.

Di akhir karantina dua minggu mereka, mereka harus mengikuti tes PCR lagi dengan hasil negatif sebelum mereka bebas untuk pergi. Total para pelajar yang akan datang ke Korea pada September mendatang harus menjalani tiga kali tes PCR.

"Situasi virus sudah parah karena varian COVID-19, jadi kami meminta universitas dan pemerintah daerah untuk bekerja sama agar operasi akademik sekolah dapat berjalan stabil di semester kedua," kata Menteri Pendidikan Yoo Eun Hae dalam pidatonya, dikutip dari Korea Times.

Menurut kementerian, langkah-langkah pencegahan penularan yang ditargetkan pada kedatangan mahasiswa asing selama semester sebelumnya, seperti menyediakan transportasi terpisah dan melakukan lebih banyak tes, telah membantu mencegah penyebaran virus di komunitas lokal.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)