home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Super Keren, Berikut 6 Inovasi Teknologi Canggih yang Dipakai Olimpiade Tokyo 2020

Jumat, 30 Juli 2021 13:00 by rizaluthfiah | 498 hits
Super Keren, Berikut 6 Inovasi Teknologi Canggih yang Dipakai Olimpiade Tokyo 2020
Image Source : Hawk Eye

DREAMERS.ID - Acara Olimpiade Tokyo 2020 telah resmi dibuka pada Jumat, 23 Juli 2021. Walaupun acara ini digelar saat pandemi Covid-19, Olimpiade Tokyo tetap dihadiri oleh tamu VIP dengan protokol kesehatan yang sudah ditentukan, dan menghadirkan teknologi canggih.

Olimpiade Tokyo sudah mempersiapkan banyak inovasi teknologi canggih yang dipakai untuk membuat pertandingan jadi makin seru ditonton. Tim OBS (Olympic Broadcasting Services) bisa memanfaatkan teknologi ini supaya pemirsa bisa merasakan pengalaman pertandingan yang lebih seru.

Melansir Detik, berikut 6 inovasi teknologi canggih yang disediakan oleh Olimpiade Tokyo 2020.

1. Multi-Camera Replay Systems

Teknologi ini menawarkan kemampuan untuk bergerak di sekeliling sebuah titik waktu tertentu dan menyaksikannya dari berbagai sudut. Efeknya mirip dengan adegan aksi dalam film 'The Matrix', di mana kamera tampak berputar 360 derajat di sekitar aktor sambil melayang di udara atau menghindari peluru.

Di tempat tertentu, bakal ada 60 hingga 80 kamera 4K yang ditempatkan di lokasi yang cocok untuk membuat sudut pandangnya optimal tanpa ada penghalang.

Teknologi ini digunakan di cabang olahraga: Bola Basket 3×3, Senam, Atletik Track & Field, Balap BMX Gaya Bebas dan Balap, Golf (Hole 14 Tee), Final Sepak Bola Wanita, Skateboard Street, Sport Climbing, Bola Voli.

2.  2D Image Tracking

Dibandingkan dengan live tracking yang mengandalkan penentuan posisi GPS atau peralatan nirkabel, pelacakan gambar 2D didasarkan pada teknologi pemrosesan gambar canggih yang memungkinkan pelacakan gerakan. Komputer akan membuat 'label' yang disematkan ke setiap atlet/perahu sehingga bisa dengan mudah diidentifikasikan.

Teknologi ini digunakan di cabang olahraga: Athletics Marathon and Race Walks, Cycling Road and Mountain Bike, Aquatics Marathon Swimming, Triathlon, Canoe Sprint, Rowing.

3. 3D Athlete Tracking (3DAT)

Dikembangkan oleh Intel dan Alibaba, teknologi 3D Athlete Tracking (3DAT) bertenaga AI yang baru adalah teknologi siaran pertama yang dikembangkan menggunakan kecerdasan buatan. Teknologi ini dibuat untuk meningkatkan pengalaman menonton dengan momen yang hampir real-time.

3D Athlete Tracking (3DAT) akan memberikan pandangan mendalam tentang performa satu atlet dengan yang lain. Teknologi ini digunakan untuk cabang olahraga: Athletics 100m (incl. Decathlon), 200m (incl. Heptathlon), 400m (incl. Decathlon), 4x100m Relay.

4. Biometric Data Display

Empat kamera akan ditempatkan sekitar 12 m dari para atlet, memfokuskan pada wajah mereka dan menganalisis sedikit perubahan warna kulit yang dihasilkan oleh kontraksi pembuluh darah dari video yang diambil.

Penonton akan dapat menyaksikan variasi detak jantung dan adrenalin yang dialami tubuh pemanah saat mereka menembakkan panah melalui grafik di layar. Teknologi ini digunakan untuk cabang olahraga memanah.

5. TrueView 360 video

Dengan menggunakan teknologi True View dari Intel, OBS bisa menampilkan tayangan ulang yang imersif untuk pertama kalinya untuk semua pertandingan bola basket. TrueView membuat video tiga dimensi (3D), 360° melalui serangkaian kamera yang dipasang tinggi di stadion atau arena.

Di Tokyo, total 35 kamera 4K akan dipasang di tingkat concourse Saitama Super Arena untuk merekam video volumetrik yang, setelah diproses, menghasilkan tayangan ulang 360°dan luas. Teknologi ini digunakan untuk cabang olahraga basket saja.

6. 3D Graphics

OBS akan membuat representasi 3D dari pegangan dan dinding sehingga terlihat lebih nyata daripada yang bisa ditangkap oleh kamera. Model 3D ini memungkinkan analisis mendetail tentang sudut dan pegangan dinding dan memberi petunjuk kepada penontonnya tentang bagaimana rasanya mengatasi tantangan yang ada saat memanjat.

Teknologi Augmented Reality (AR) akan digunakan sehingga menghasilkan data virtual tentang pegangan, berbagai sudut dinding, dan rute. Di dunia virtual ini, seseorang dapat memperbesar gambar yang ada, dengan tampilan yang sangat dekat pada detail kecil.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)