home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cara Mudah Jaga Imun Tetap Baik, Kata Ahli Tidur 6-7 Jam Secara Rutin

Senin, 09 Agustus 2021 14:45 by rizaluthfiah | 796 hits
Cara Mudah Jaga Imun Tetap Baik, Kata Ahli Tidur 6-7 Jam Secara Rutin
Image Source : theifod

DREAMERS.ID - Menjaga imunitas saat pandemi seperti ini wajib dilakukan agar terhindar dari paparan Covid-19. Selalu tidur dengan cukup tidak begadang disebut akan membuat imunitas kamu terjaga, menurut ahlinya.

Melansir laman Tempo, Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Prikasih, dr. Gia Pratama, mengatakan ada tiga hal yang bisa dilakukan untuk menjaga sistem imun umum. Salah satunya tidur cukup, berarti 6-7 jam per hari.

Usahakanlah tidur sebelum pukul 23.00 dan bangun sebelum pukul 05.00. "Tidur sebelum jam 11 malam itu untuk detoksifikasi. Bangun sebelum jam 5 memancing nitrat yang membuat pembuluh darah elastis," katanya.

Kedua, olahraga 150 menit per minggu yang bisa dibagi menjadi 30 menit per 5 hari. Olahraga yang dimaksud benar-benar untuk meningkatkan denyut jantung seperti berjalan, berlari, atau berenang.

Ketiga, penuhi asupan nutrisi, baik itu makro dan mikro. Asupan makronutrisi mencakup tiga hal penting, yakni karbohidrat, protein, dan lemak sehat.

Umumnya, orang membutuhkan karbohidrat sebanyak 45-65 persen dari total kalori yang didapatkan setiap hari, protein sebanyak 1 gram per kg berat badan, yang artinya seorang pria dengan berat badan 60 kg membutuhkan 60 gram protein per hari.

Sementara untuk lemak sehat, yang salah satunya bisa didapatkan dari alpukat, umumnya dibutuhkan sekitar 20 persen dari kebutuhan kalori. Lemak ini membantu menyerapan vitamin A,D,E dan K.

Selain nutrisi makro, jangan lupakan mikronutrisi seperti mineral macam zinc dan vitamin, salah satunya vitamin C dengan 1.000 mg yang berperan menjaga imunitas tubuh sekaligus membantu meningkatkan kolagen.

"Tergantung kondisi. Setiap individu mempunyai toleransi berbeda terhadap asamnya vitamin C sehingga ini menjadi pertimbangan dosis vitamin C harian," kata Gia.

Selain itu, kamu juga perlu asupan vitamin D yang bisa didapatkan dari sinar matahari. Sinar matahari mengubah pra-D3 menjadi D3 sebagai peningkat imun.

Zat gizi seperti protein, lemak sehat, vitamin, serta zinc bisa didapatkan dari ikan laut, seperti tuna, tongkol, dan salmon. Kamu disarankan mengonsumsinya tiga kali dalam seminggu. Bila tidak menemukannya bisa diganti dengan suplemen.

Buah-buahan dan sayuran seperti jambu biji, kiwi, paprika, stroberi, pepaya, jeruk, brokoli, tomat, kale juga mengandung vitamin C dan bagus untuk dikonsumsi. Selain ikan laut, khusus untuk zinc, bisa didapatkan dari tofu.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)