home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Saran Ahli Gizi, 4 Makanan Ini Percepat Penyembuhan dari Covid-19

Rabu, 11 Agustus 2021 13:11 by rizaluthfiah | 3922 hits
Saran Ahli Gizi, 4 Makanan Ini Percepat Penyembuhan dari Covid-19
Image Source : Hackensack

DREAMERS.ID - Selain berolahraga yang rutin serta meminum obat-obatan yang sudah dianjurkan oleh dokter, makanan bergizi dan sehat adalah kunci utama agar pasien Covid-19 dapat kembali pulih. Untuk itu, makanan yang dikonsumsi harus lebih diperhatikan juga demi meningkatkan imun tubuh. 

Dilansir dari Detik, Ahli Gizi Winda Ekayati, MND, APD merekomendasikan 4 makanan yang baik dikonsumsi pasien Covid-19 agar kembali pulih, sebagai berikut:

1. Makanan Tinggi Protein

Protein dapat membantu untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak karena terserang virus. Selain itu, protein yang berfungsi sebagai zat pembangun sel juga bisa menjaga sel imun tubuh.

Makanan yang bagus dikonsumsi adalah sumber protein hewani dan nabati dengan total 60-120gram per hari. Misal daging merah, ikan ayam telur dan susu sapi. Maksimal mengkonsumsi susu sapi dalam satu hari 0,5 lier atau 500ml.

Sementara protein nabati bisa didapatkan dari kacang-kacangan. Sebaiknya, konsumsi kacang yang tidak digoreng dengan porsi sekali makan sebanyak 30 gram.

Sumber protein lainnya omega-6 dari lemak nabati yang bisa didapatkan dari minyak-minyak yang berasal dari biji-bijian atau tumbuhan, seperti biji bunga matahari, kelapa sawit, minyak biji kapas (cotton seed oil) yang sering dipakai untuk memasak dengan suhu tinggi.

Sumber lainnya adalah minyak jagung dan minyak kacang kedelai.

2. Makanan Tinggi Vitamin dan Mineral 

Makanan tinggi vitamin dan mineral didapat dari sumber nabati, sayur, dan buah-buahan. WHO menyarankan konsumsi makanan seimbang, yaitu buah-buahan sekitar 2 porsi dan sayuran sekitar 5 porsi per hari.

Vitamin dan mineral didapat dari sayuran hijau, polong-polongan, dan berbagai jenis buah-buahan. Pastikan buah tersebut tidak mengandung kadar gula tinggi, bukan makanan kaleng, atau buah kering.

3. Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Kompleks

Sumber karbohidrat kompleks bisa diperoleh dari biji-bijian dan umbi-umbian, seperti beras, singkong, talas, kentang, dan oat gandum. Beberapa makanan tersebut mengandung serat yang baik untuk mikrobioma usus atau bakteri baik di sistem pencernaan.

4. Konsumsi Cairan Yang Cukup

Selain makanan bergizi, kita juga perlu memenuhi asupan cairan saat terinfeksi virus COVID-19. Orang dewasa membutuhkan sekitar 2,5 liter cairan setiap hari. Air putih adalah cairan terbaik yang harus dikonsumsi.

Namun jika kamu bosan, kamu bisa meminum air kelapa, teh hijau, infused water yang ditambahkan potongan buah-buahan, atau empon-empon dari campuran rempah seperti jahe dan kayu manis.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)