home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Weekend Waktunya Maksimalkan Berjemur dan Tingkatkan Imun!

Sabtu, 14 Agustus 2021 10:05 by reinasoebisono | 1330 hits
Weekend Waktunya Maksimalkan Berjemur dan Tingkatkan Imun!
Image source: KPop Diaries

DREAMERS.ID - Apa kabar akhir pekanmu di tengah beberapa level PPKM sebulan ini? Jangan kendor jaga kesehatan dan tingkatkan imunmu juga keluarga ya. Ternyata ada pula beberapa tips agar kegiatan berjemurmu lebih maksimal, lho!

1. Cek Indeks UV

Tahukah kamu pentingnya mengecek indeks UV setiap harinya? Info yang beredar berlomba memberikan fakta terkait waktu terbaik berjemur, mulai dari jam sekian hingga sekian dan lain-lain.

Padahal, indeks ultraviolet atau UV setiap harinya dan di setiap daerah itu berbeda-beda. Agar maksimal dan tepat, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) biasanya secara berkala memberi tahu prediksi indeks UV di situs resmi atau akun media sosialnya.

Disarankan berjemur matahari di waktu dengan indeks UV yang risikonya rendah. Paparan UV yang terlalu tinggi diketahui malah bisa merusak mata dan kulit, melansir Detik.

2. Gunakan Kacamata Hitam

Bagaimana pun, sinar ultraviolet memiliki efek tidak baik untuk kesehatan mata. Hal ini pun dikonfirmasi oleh WHO yang menyarankan untuk menggunakan kacamata hitam ketika berjemur.

Paparan UV yang berlebihan dalam jangka waktu yang lama pada mata dapat meningkatkan risiko terjadinya katarak. Kacamata hitam bisa memberikan perlindungan terhadap UV dan mengurangi risiko kerusakan mata.

3. Setengah Jam Cukup
Pakar Kanker dari dari RS Cipto Mangunkusumo, Dr dr Andhika Rachman, SpPD-KHOM, mengatakan jangan terlalu lama berjemur sinar matahari. Durasi berjemur cukup 30 menit saja.

4. Sambil Berolahraga
Kamu bisa lakukan kegiatan berjemur dengan menambahkan aktivitas olahraga luar ruangan, lho. Karena selain mendapat keuntungan lebih dari segi kesehatan, kegiatan berjemurmu juga akan tidak lagi membosankan!

5. Gunakan Sunscreen
Penggunaan tabir surya bisa jadi pilihan bila seseorang tidak tahu tingkat risiko UV yang ada saat ingin berjemur. Tujuannya untuk meminimalisir risiko kerusakan pada kulit.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)