home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Viral Curhatan Nakes, Vaksin Moderna Lebih Ampuh Dibandingan Sinovac?

Senin, 16 Agustus 2021 13:00 by rizaluthfiah | 7006 hits
Viral Curhatan Nakes, Vaksin Moderna Lebih Ampuh Dibandingan Sinovac?
Image Source: Detik

DREAMERS.ID - Belakangan ini, vaksin booster Moderna sudah mulai disuntikkan ke tenaga kesehatan. Kemudian ramai di media sosial TikTok tentang curhatan nakes terkait efek samping dari booster vaksin Moderna yang diakui lebih ampuh dibandingkan vaksin lainnya.

Melansir Detik, Galuh Prafita (25) adalah seorang nakes di Surabaya yang mendapatkan booster vaksin Moderna baru-baru ini. Ia mengaku sempat lemas sesaat setelah mendapat vaksinasi, lalu berlanjut mengalami kram dan demam ringan.

Beberapa jam berikutnya, ia mengalami vertigo dan ngilu di area bekas suntikan. "Kalau Sinovac, aku efeknya hanya pusing ringan level 1-2 (dari 10). Sumer badan mungkin 36,5 dan jarem di bekas vaksin hanya rendah tingkatan sakitnya. Beda banget sama Moderna," ujar Galuh.

"Mungkin karena Moderna (efikasinya) 94 persen. Jadi efeknya berasa," lanjutnya. Galuh tidak berniat untuk menakut-nakuti orang lain untuk vaksin, tetapi kemungkinan efek samping ini bisa diantisipasi dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum disuntik.

Baca juga: Moderna Segera Disuntikkan Ke Non Nakes, Untuk yang Tidak Bisa Divaksin Sinovac dan AstraZeneca?

"Pesan ku sih sebelum vaksin minum obat dan makan, setelah itu istirahat yang cukup, tinggalkan pikiran yg jelek-jelek tentang efeknya. Ayo kita vaksin, karena dengan vaksin kita bisa menjaga keluarga kita yang di rumah dan meminimalkan tingkat penularan COVID-19 yang sudah lama di indonesia ini," pungkas Galuh.

Sebelumnya, juru bicara vaksinasi COVID-19 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi juga sempat menyinggung efek samping atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang pernah dilaporkan setelah pemberian vaksin Moderna.

"Ada (laporan efek samping vaksin Moderna pada nakes), tetapi sifatnya ringan dan dalam 1-3 hari sembuh. Seperti demam, nyeri kepala. Terbanyak pegal dan sakit di tempat penyuntikan," ujarnya pada Detik.

Para pakar menyarankan agar tidak pilih-pilih vaksin. Dalam kondisi saat ini, vaksin terbaik adalah yang tersedia dan paling mudah diakses. Herd immunity terbentuk ketika vaksinasi telah mencakup sebanyak mungkin populasi, apapun jenis vaksinnya.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)