home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengenal Divisi Elit Militer KATUSA, Young K DAY6 Idola Pertama yang Lolos Seleksi

Selasa, 17 Agustus 2021 12:25 by muthiasp | 2024 hits
Mengenal Divisi Elit Militer KATUSA, Young K DAY6 Idola Pertama yang Lolos Seleksi
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Young K telah mengumumkan bahwa ia akan masuk wajib militer pada 12 Oktober mendatang. Ia akan bertugas di divisi KATUSA dari Angkatan Darat Republik Korea (ROK). Divisi ini disebut sulit ditembus oleh pelamar militer.

Anggota band DAY6 itu mengesankan karena menjadi idola K-Pop pertama yang diterima dalam divisi tersebut. Young K sendiri diketahui fasih berbahasa Inggris, dan ia lolos dengan nilai TOEIC 970 dan TOEFL 116.

Menilik lebih jauh, KATUSA merupakan singkatan dari Korean Augmentation To the United States Army, yang mulai berdiri pada tahun 1950 setelah dimulainya perang Korea. Tujuannya adalah mendukung pasukan AS selama perang.

Dan sejak gencatan senjata tahun 1953, ia berfungsi untuk kepentingan komunikasi Angkatan Darat AS dan Angkatan Darat ROK. Anggota KATUSA berfungsi sebagai dukungan kepada pasukan Angkatan Darat AS serta penerjemah antara orang Amerika dan publik Korea.

Di luar militer, banyak tentara KATUSA dan Angkatan Darat AS membangun relasi dan berhubungan baik. Kabarnya, fasilitas di divisi KATUSA terbilang nyaman mulai dari bioskop, fasilitas olahraga lengkap, hingga kamar yang hanya ditiduri oleh dua orang.

Tentunya, masuk ke KATUSA tidak semudah yang dibayangkan. Mereka yang ingin bergabung harus mengikuti dan lulus salah satu dari delapan tes bahasa Inggris standar. Dua tes yang paling umum adalah TOEFL, dengan skor kelulusan 83, dan TOEIC, dengan skor kelulusan 780.

Baca juga: Nostalgia Hingga Blusukan, Ini 5 'Anugerah Terindah' Konser Solo Young K DAY6 di Jakarta

Belum selesai, KATUSA juga mengandalkan sistem undian untuk memilih dari kumpulan pendaftar yang memenuhi syarat. Menurut The Korea Times, dari 16.760 pelamar pada tahun 2020, hanya 1.600 yang diterima.

Tingkat penerimaan mereka akan terus menurun di tahun-tahun mendatang karena semakin banyak pasukan Angkatan Darat AS yang keluar dari Korea Selatan.

Namun, terlepas dari proses yang sangat kompetitif untuk masuk ke KATUSA, itu tetap menjadi pos "paling membuat iri" bagi orang Korea yang memasuki militer. Ini karena perlakuan yang relatif lebih baik yang dapat diterima tentara melalui kerja sama dengan unit Angkatan Darat AS.

Popularitas bergabung dengan KATUSA berasal dari kenyataan bahwa mereka dapat menerima perawatan yang lebih baik, termasuk makanan, dibandingkan dengan unit militer reguler Korea Selatan.

"Keistimewaan ini termasuk kebebasan untuk meninggalkan pos militer pada hari kerja dengan relatif mudah, dan hubungan yang kurang hierarkis dengan supervisor," ujar Bak Se Hwan, mengutip The Korea Herald.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)