home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Temuan Efek Vaksin Sinovac dan Pfizer Sebabkan Lumpuh Wajah, Ini Hasil Penelitian Ahli

Rabu, 18 Agustus 2021 14:45 by rizaluthfiah | 2243 hits
Temuan Efek Vaksin Sinovac dan Pfizer Sebabkan Lumpuh Wajah, Ini Hasil Penelitian Ahli
Image Source : Shutterstock

DREAMERS.ID - Setiap orang mengalami kejadian pasca imunisasi yang berbeda dari vaksin corona, termasuk Sinovac dan Pfizer. Ada kasus yang menyebutkan jika vaksin Sinovac dan Pfizer memiliki efek lumpuh wajah. Bagaimana temuan ahli?

Melansir laman Detik, sebuah studi telah mengamati kejadian lumpuh wajah atau Bell's Palsy usai menerima dosis pertama vaksin Sinovac yang lebih tinggi, dibandingkan vaksin Pfizer. Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal media ternama The Lancet Infectious Disease. 

Peneliti yang berbasis di Hong Kong ini menyebutkan efek samping langka ditemukan dalam uji klinis vaksin COVID-19 namun belum ada penelitian yang mendukung temuan tersebut. 

Lebih lanjut dikutip dari laman Detik, studi dilakukan pada lebih dari 451.000 orang menunjukkan terdapat 28 kasus Bell's Palsy yang dikonfirmasi secara klinis setelah menerima vaksin CoronaVac. Temuan itu lalu dibandingkan dengan 16 kasus setelah vaksin Pfizer-BioNtech.

Baca juga: Yuk Baca Kabar Baik Yuk! Berita Terbaru Pengguna Sinovac di Tengah Lonjakan Varian Omicron

"Temuan kami menunjukkan peningkatan risiko Bell's palsy secara keseluruhan setelah vaksinasi CoronaVac," menurut penelitian tersebut. Penelitian yang dilakukan di Hong Kong menilai ada risiko efek samping dalam 42 hari setelah vaksinasi.

Peneliti memberi catatan bahwa Bell's palsy adalah efek samping yang jarang terjadi dan bisa pulih. Secara umum, lebih dari 90 persen kasus Bell's palsy, tidak spesifik untuk vaksin SARS-CoV-2, dapat diselesaikan dalam waktu 9 bulan setelah pengobatan kortikosteroid.

Efek menguntungkan dan protektif dari vaksin COVID-19 Sinovac disebut jauh lebih besar daripada risiko efek samping yang umumnya sembuh sendiri ini. Di sisi lain, studi tambahan diperlukan di wilayah lain untuk mengkonfirmasi temuan mereka.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)