home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Duh Remaja Obesitas Terancam Resiko Tuli

Jumat, 21 Juni 2013 12:19 by miko | 1972 hits
Duh Remaja Obesitas Terancam Resiko Tuli
news.softpedia.com

DREAMERSRADIO.COM - Berkurangnya pendengaran tentu akan mempengaruhi daya tangkap dan kemampuan bersosialisasi. Tapi tahukah kamu kalau tuli itu dimulai dengan mulai berkurangnya pendengaran. Nah salah satu yang harus diwaspadai bagi remaja yang memiliki berat tubuh berlebih atau obesitas.

Dilansir dari Dailymail, sebuah penelitian yang dilakukan tim Columbia University Medical Center menyatakan, remaja yang mengalami obesitas lebih besar kemungkinannya mengalami kehilangan pendengaran. Sedangkan remaja yang bertubuh langsing, kemungkinannya lebih kecil.

Studi ini menyatakan remaja obesitas berisiko kehilangan pendengaran disemua frekuensi. Sedangkan frekuensi manusia dibagi 3 yaitu, frekuensi infrasonik, dengan rentang 0-20 Hz, frekuensi audible 20-20.000 Hz, dan frekuensi ultrasonik, dengan rentang > 20.000 Hz. Mereka juga lebih berpeluang mengalami kehilangan pendengaran pada satu telinga.

Penelitian ini menganalisa 1500 responden remaja dari National Health and Nutrition Examination Survey.  Survei dilakukan oleh National Center for Health Statistics of the Centers for Disease Control and Prevention terhadap remaja usia 12-19 tahun pada 2005-2006.

Penulis riset Professor Anil Lalwani dari Department of Otolaryngology/Head & Neck Surgery pada  Columbia University Medical Center menyatakan, studi ini menemukan bahwa kehilangan pendengaran ada hubungannya dengan kerja sensorineural pada manusia.

Baca juga: Remaja Rusia Bunuh Diri dalam Siaran Langsung Usai Tonton 'Joker'

Pada remaja dengan obesitas kemampuan sensorineural untuk mendengar turun akibat rusaknya serabut saraf pada telinga bagian dalam. Sehingga kemampuan remaja mendengar, di semua frekuensi ikut menurun.

Rata-rata kehilangan pendengaran paling banyak terdapat pada frekuensi rendah dibawah 2 ribu Hz. Sedangkan remaja dengan obesitas 15% menderita kehilangan pendengaran, sementara yang non obesitas hanya 8 persen.

Remaja yang kehilangan pendengaran pada frekuensi rendah, masih mengerti perkataan manusia. Tapi mereka menemui kesulitan mendengar saat berkelompok atau berada dalam lingkungan berisik. Walaupun kasus kehilangan pendengaran ini relatif sedikit, namun peningkatannya mencapai dua kali lipat. Hal ini tentu mengkhawatirkan, apalagi jumlah remaja dengan obesitas juga terus meningkat.

“Hasil studi ini harus dimasukkan dalam daftar efek buruk obesitas. Hasil ini bisa memotivasi setiap orang di segala usia untuk mengurangi berat badan,” tutur Lalwani.

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)