home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Unik! Bangunan Ini Tahan Gempa dan Tembakan Meriam

Selasa, 02 Juli 2013 20:02 by nessamantha | 7028 hits
Unik! Bangunan Ini Tahan Gempa dan Tembakan Meriam
unesco.org

DREAMERSRADIO.COM - Cina merupakan negara yang sangat luas dengan latar belakang sejarah yang sangat menarik. Tak heran, banyak tersebar bangunan-bangunan bersejarah yang menarik. Salah satunya adalah Fujian Tulou.

Apa yang unik dari Fujian Tulou? Bangunan-bangunan yang didirikan di antara abad ke-12 dan ke-20 ini termasuk bangunan yang paling kuat di dunia karena mereka tahan gempa dan tembakan meriam.

Fujian Tulou adalah sebuah komplek arsitektur rumah masyarakat Hakka di sebelah tenggara Provinsi Fujian, Cina. Terletak di daerah pegunungan, bangunan-bangunan ini dibangun sebagai pertahanan untuk menghadang bandit bersenjata yang biasa datang ke wilayah selatan Cina pada abad ke-12 hingga abad ke-19.

Ada lebih dari 20.000 tulou yang tersebar di wilayah tenggara pegunungan di Provinsi Fujian. Meski ada juga tulou yang ditemukan di bagian lain Cina, tulou-tulou tersebut tetap disebut sebagai Fujian Tulou. Bahkan sejak tahun 2008, sebanyak 46 situs Fujian Tulou ini telah masuk ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site.

Struktur luar bangunan ini dibentengi dengan tanah padat yang dicampur dengan batu, granit, bambu, kayu, dan bahan-bahan lain yang tersedia untuk membentuk dinding setebal 1,8 meter. Cabang pohon, potongan kayu dan juga bambu diletakkan di dinding sebagai penguat tambahan. Pintu masuk tulou memang hanya terbuat dari kayu. Tapi kayu tersebut memiliki ketebalan 4-5 inci dan diperkuat oleh plat besi di bagian luarnya.

Pertahanan tulou memang tidak main-main. Pada tahun 1934, sekelompok petani pemberontak dari Yongding masuk ke komplek tulou untuk menahan serangan dari tentara yang menembakan 19 tembakan meriam ke arah tulou. Namun, meriam-meriam tersebut ternyata hanya menimbulkan penyok kecil di dinding luar tulou!

(nes)

Baca juga: Wah, Vaksin Kini Jadi Masuk Paket Travel untuk Dongkrak Geliat Wisata?

 

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)