home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Unik, Situs Arkeologi di Laos ini Berbentuk Seperti Guci!

Rabu, 31 Juli 2013 17:54 by nessamantha | 3353 hits
Unik, Situs Arkeologi di Laos ini Berbentuk Seperti Guci!
dooyoo.co.uk

DREAMERSRADIO.COM - Ada banyak situs arkeologi yang menarik dan unik tersebar di seluruh penjuru dunia. Kebanyakan situs arkeologi terdiri dari bebatuan atau bangunan kuno. Namun ada yang unik dari situs arkeologi yang terletak di Laos ini.

Plain of Jars adalah sebuah situs arkeologi dari zaman megalitikum di Laos. Ribuan  guci megalitik tersebar di dataran Xieng Khouang di Lao PDR. Guci batu ini muncul secara berkelompok, mulai dari satu atau beberapa guci hingga sekitar 100 guci yang tersebar mengelilingi lembah dan dataran tinggi.

Xieng Khouang terletak di sebelah utara Annamese Cordillera, pegunungan utama Indocina. Penelitian tentang Plain of Jars yang dilakukan pada awal 1930-an menyatakan bahwa guci batu ini berhubungan dengan praktek penguburan prasejarah.

Para arkeolog dari Laos dan Jepang pun kemudian mengadakan penggalian. Dari penggalian ini ditemukan sisa-sisa manusia, barang-barang terkubur, dan keramik di sekitar guci batu.

Plain of Jars yang diperkirakan terbentuk pada Zaman Besi ini merupakan situs paling menarik dan penting untuk mempelajari masa prasejarah Asia Tenggara. Situs arkeologi ini bisa menjelaskan hubungan antara masyarakat pada zaman megalitik dan memberikan wawasan tentang struktur organisasi sosial Asia Tenggara pada Zaman Besi.

(nes)

Baca juga: Wah, Vaksin Kini Jadi Masuk Paket Travel untuk Dongkrak Geliat Wisata?

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)