home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wah, Danau Pasang Surut Terluas di Asia Tenggara ada di Indonesia!

Rabu, 10 Desember 2014 13:06 by adel_deladele | 5374 hits
Wah, Danau Pasang Surut Terluas di Asia Tenggara ada di Indonesia!
mongabay.co.id

DREAMERSRADIO.COM - Tahukah kamu kalau ternyata ada satu hal lagi yang patut kamu banggakan dari Indonesia, Dreamers? Pasalnya, komplek danau di Borneo, Indonesia tercatat sebagai danau pasang surut terluas di Asia Tenggra lho. Wow!

Terletak di jantung Borneo, Kalimantan Barat, kawasan Danau Sentarum merupakan komplek danau-danau yang terdiri dari 20 danau besar kecil. Komplek danau ini pada tahun 1999 ditetapkan sebagai Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) dan memliki luas sekitar 132.000 ha.


Image source: indonesia.travel

Berada di 700 kilometer dari kota Pontianak, Taman Nasional Danau Sentarum terdiri dari 89.000 ha hutan rawa tergenang dan 43.000 ha daratan.

Danau Sentarum sangat berbeda dengan danau ‘konvensional’ lainnya, sebab Danau Sentarum sejatinya adalah daerah hamparan banjir. Dengan letak dan kondisinya yang berada di tengah-tengah jajaran pegunungun menjadikan kawasan ini sebagai daerah tangkapan hujan.

Baca juga: Perusahaan Ini Tawarkan Sensasi 'Liburan Dalam Mimpi'

Pada musim penghujan Komplek Danau Sentarum akan terendam air akibat aliran air dari pegunungan di sekelilingnya dan dari luapan Sungai Kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia.


Image source: dreamindonesia.wordpress.com

Selama 9 hingga 10 bulan dalam setahun, Kawasan Danau Sentarum akan terendam hingga kedalaman 6 sampai dengan 14 meter. Namun uniknya lagi, pada musim kemarau panjang sebagian besar danau menjadi kering. Pada musim kemarau, hamparan kering dan terkadang dapat ditumbuhi oleh rumput laksana padang golf.

Wah.. keren ya Dreamers!
(Adl)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)