home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Malas, Ini Akibatnya Jika Sering Tidak Sahur Saat Puasa

Kamis, 02 Juli 2015 13:39 by fzhchyn | 2828 hits
Jangan Malas, Ini Akibatnya Jika Sering Tidak Sahur Saat Puasa
Image source: lapresse.ca

DREAMERSRADIO.COM - Setelah beberapa minggu menjalankan puasa biasa orang semakin malas untuk makan sahur. Selain itu kondisi tubuh yang mungkin terlalu lelah juga menjadi alasan mengapa orang malas bangun untuk makan sahur.

Padahal makan sahur sangat penting karena memberi cadangan asupan nutrisi selama seharian penuh. Lalu apa dampaknya bagi tubuh jika sering melewatkan makan sahur saat puasa?

Spesialis gizi Dr. Tirta Prawita Sari, MSc, SpGK mengatakan, “Sebenarnya tidak ada bahayanya, kecuali tubuh saat itu memang sedang sakit dan tidak bugar. Kalau kondisinya seperti itu sebaiknya memang tetap makan sahur atau tidak berpuasa,” seperti dilansir Detik.

Menurut Dr. Tirta sebenarnya tubuh manusia sangat mampu bertoleransi terhadap kondisi tertentu. Karena tubuh manusia bisa bertahan seharian tanpa makanan. Namun yang menjadi masalah adalah efek yang diakibatkan karena tubuh kekurangan cairan. Dibandingkan makanan, tubuh manusia lebih sulit bertahan tanpa air.

Baca juga: Intip Tips Jalani Puasa Ketika Lupa Sahur Agar Tidak Loyo

"Biasanya saat sahur kan kita juga banyak minum air putih untuk cadangan cairan selama seharian penuh, namun karena tidak bangun sahur berarti tidak ada juga asupan cairan yang cukup untuk berpuasa seharian. Ini yang berbahaya," tutur Dr. Tirta.

Kurang cairan selama seharian penuh akan membuat tubuh mengalami dehidrasi. Pada akhirnya dehidrasi ini dapat memberi dampak terhadap aktivitas sehari-hari, seperti lemas dan sulit fokus.

Jadi usahakan sebisa mungkin untuk tidak melewatkan waktu sahur. Selain membantu agar aktivitas sehari-hari tak terganggu, sahur juga memastikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tetap seimbang dan mencegah penurunan daya tahan tubuh.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)