home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sering Malas Makan Saat Sakit? Ternyata Ini Penyebabnya!

Minggu, 18 Oktober 2015 21:58 by fzhchyn | 1805 hits
Sering Malas Makan Saat Sakit? Ternyata Ini Penyebabnya!
Image source: flickr.com

DREAMERSRADIO.COM - Saat sakit, ada satu hal yang pasti sangat tidak kita sukai, yaitu  menurunnya nafsu makan. Selain turunnya nafsu makan, kita juga menjadi tertarik dengan makanan yang mungkin menjadi favorit saat tubuh bugar.

"Saat sakit, ada beberapa perubahan yang terjadi di dalam tubuh. Salah satunya adalah diproduksinya hormon sitokin yang menyebabkan nafsu makan menjadi turun," jelas Dr Donald D. Hensrud, MD, MPH, ketua divisi dari Preventive, Occupational, and Aerospace di Mayo Clinic.

Selain itu, lebih lanjut dia juga menjelaskan bahwa mencerna makanan membutuhkan energi. Sebaliknya saat sakit, tubuh begitu lemah dengan cadangan energi yang tidak maksimal. Itulah yang membuat tubuh menjadi semakin lemah, sebab kita pun tidak mempunyai cadangan energi yang dihasilkan dari makanan.

Tentu saja hal ini malah akan memperparah penyakit. Tubuh yang lemas dengan energi yang kosong akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Penyakit dan virus mudah menyerang tubuh. Itulah sebabnya, kita tidak boleh menuruti nafsu makan yang menurun ini.

Baca juga: Ada Benjolan di Leher, Raffi Ahmad Terancam Kehilangan Suara?

Salah satu cara yang paling mudah untuk tetap berenergi saat sakit adalah dengan mengkonsumsi comfort food. Makanan jenis ini biasanya berasal dari bahan alami seperti buah, sayur, atau gandum yang mempunyai rasa alami.

Sehingga kita tidak perlu menambahkan zat aditif apapun untuk membuatnya lebih berasa. Makanan ini selain membuat tubuh lebih sehat juga dipercaya mampu memberikan rasa nyaman di perut.

[feb]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)