home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mulai Februari, Kantong Plastik di Supermarket Tak Lagi Gratis

Rabu, 13 Januari 2016 20:29 by fzhchyn | 2793 hits
Mulai Februari, Kantong Plastik di Supermarket Tak Lagi Gratis
Image source: nbcnews.com

DREAMERS.ID - Selama ini, limbah sampah plastik sudah menjadi masalah lingkungan yang serius dan berbahaya karena sifatnya yang sulit terurai di alam. Untuk itu, kebijakan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik pun segera diterapkan.

Rencana penggunaan kantong plastik yang ramah lingkungan bagi para pemilik retail, seperti supermarket, hipermarket, dan minimarket dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini pun mendapat sambutan baik dari Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy N. Mandey.

Selain itu, konsumen diharuskan membayar untuk setiap kantong plastik yang digunakan saat berbelanja. "Selama ini memang retail adalah pihak penyumbang kantong plastik terbesar," kata Roy, Selasa (12/1), mengutip laman Tempo.

Selama ini, aturan pemakaian kantong atau tas belanja yang bisa dipakai berulang kali memang sudah diterapkan di beberapa retail, namun tidak banyak. Sehingga dengan adanya kebijakan ini diharapkan semua retail bisa mulai menggunakannya untuk kelestarian lingkungan.

Baca juga: Kenali Sisi Buruk Dari Tote Bag yang Menjadi Tren

Untuk memberlakukan kebijakan ini tentu butuh waktu yang tidak sebentar untuk transisi dalam prosesnya agar tidak terjadi kekisruhan antara peretail dan konsumen. "Kami tidak ingin nanti konsumen berpikir ini adalah salah satu cara untuk mengambil keuntungan lebih," tuturnya. "Paling tidak, butuh waktu transisi selama enam bulan untuk sosialisasi."

Untuk kantong atau tas belanja, peretail akan menyediakan dan menjualnya seharga US$ 1 atau sekitar Rp 14 ribu. Sedangkan untuk kantong plastik, konsumen akan dikenai biaya sebesar 30 persen dari harga kantong atau tas belanja. "Harga kantong plastik akan dijual lebih mahal karena bahannya yang akan menyesuaikan agar ramah lingkungan," ucapnya.

Dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional pada 21 Februari mendatang, pemerintah akan memberlakukan kebijakan kantong plastik berbayar, khususnya di dunia usaha atau peretail modern, dan masyarakat. Penerapan plastik berbayar ini akan ditujukan kepada retail modern secara bertahap.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)