home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Meski Sudah Mati, Tubuh Manusia Masih Bisa Melakukan Hal-hal Ini

Sabtu, 05 November 2016 23:00 by fzhchyn | 51947 hits
Meski Sudah Mati, Tubuh Manusia Masih Bisa Melakukan Hal-hal Ini
Image source: Getty Image

DREAMERS.ID - Saat seseorang meninggal, mungkin tanda tubuh paling umum yang diketahui adalah orang tersebut sudah tidak memiliki detak jantung, denyut nadi, dan alirah darah berhenti. Namun sebenarnya ada beberapa hal yang dilakukan tubuh bahkan beberapa jam setelah meninggal

Dilansir dari situs Women’s Health Mag, berikut adalah hal-hal yang terjadi pada tubuh setelah meninggal.

1. Rambut dan kuku terlihat tumbuh
Saat meninggal, kulit akan mengering dan menyusut, sehingga rambut dan kuku akan tampak tumbuh memanjang.

2. Tubuh membatu
Saat seseorang berhenti bernapas, sel-sel tubuh akan berhenti memproduksi ATP, yaitu bahan kimia yang diperlukan tubuh untuk relaksasi. Serat mikroskopis pun akan mengunci dan otot menjadi kaku.

Hal ini akan terjadi di bagian wajah dalam waktu dua sampai empat jam setelah kematian. Namun setelah satu atau dua hari, otot-otot akan mulai mengendur dan tubuh terlihat lebih santai.

3. Buang air
Seseorang yang sudah meninggal bisa saja buang air besar atau kecil. Hal ini dikarenakan otot yang bertanggung jawab menjaga kandung kemih akan relaks sehingga kotoran dalam tubuh yang tertahan akan keluar dengan sendirinya.

4. Kerutan menghilang seketika
Karena otot menjadi tidak tegang setelah kematian, makan hal ini pun akan menghentikan kerutan di dahi.

Baca juga: 7 Kesalahan Hidrasi Tubuh, Tidak Hanya Soal Cukup Minum Air

5. Mengerang dan mendesah
Sudah meninggal bukan berarti tidak ada udara dalam paru-paru yang menimbulkan suara. Menggerakkan tubuh orang yang sudah meninggal bisa membuat udara masuk ke tenggorokan lalu memainkan pita suara sehingga tercipta suara seperti erangan atau desahan bahkan cicitan.

6. Beberapa bagian tubuh tetap hidup
Saat jantung berhenti berdetak, organ-organ lain dalam tubuh pun akan mulai mati, namun tidak semua sel akan langsung mati sehingga ada kesempatan untuk menghidupkan kembali organ tersebut dengan mengambilnya untuk disumbangkan sebagai organ transplantasi.

Setelah meninggal, beberapa organ yang masih dapat berfungsi untuk disumbangkan sebagai transplantasi adalah kornea mata, kulit, sumsum tulang, dan katup jantung bahkan 15 jam setelah kematian.

7. Kulit menjadi bernoda
Tanpa fungsi hati yang menjaga darah tetap mengalir, gravitasi akan mengambil kendali peredaran darah. Artinya darah akan mengalir ke bagian terendah dalam tubuh. Misalnya jika meninggal dalam posisi duduk, darah akan berkumpul di pergelangan kaki. jika selama 12 jam darah tetap berkumpul di sana, maka akan membuat noda hitam pada kulit.

8. Penyebaran bakteri usus
Bakteri di usus membantu pencernaan dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap terjaga. Namun saat seseorang meninggal, bakteri ini akan bebas dan masuk ke aliran darah sehingga tersebar ke seluruh tubuh. Inilah yang membuat bau orang mati menjadi tidak sedap.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)