home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pesan Manis Musik Citra Scholastika, Tuna Rungu Lebih Memilih Disebut Tuli?

Jumat, 17 Maret 2017 18:31 by reinasoebisono | 1243 hits
Pesan Manis Musik Citra Scholastika, Tuna Rungu Lebih Memilih Disebut Tuli?
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Ada yang unik dari comeback penyanyi bersuara khas Citra Scholastika kali ini. Jebolan Indonesian Idol itu berkolaborasi dengan aktivis tuli, Surya Sahetapy yang juga anak dari pasangan selebriti senior Dewi Yul dan Ray Sahetapy.

Muncul dalam dua versi video musik, lagu berjudul ‘Patah Hati’ ini disebut sangat universal meski berkonsep pesan tentang penyandang tuna rungu atau tuli. Jika video lirik lagu lain hanya berisikan kata-kata, video lirik Citra Scholastika ini dibawakan dengan sign language tuna rungu oleh Surya Sahetapy.

Uniknya, yang ingin disampaikan Citra dalam lagu ‘Patah Hati’ adalah penyebutan kata ‘Tuli’ yang sebenarnya lebih dipilih dipanggil tuli dari pada Tuna Rungu oleh mereka yang tak bisa mendengar. Wah, kenapa ya?

“Selama ini orang berpikir yang lebih sopan itu adalah tuna rungu, tapi ternyata ada makna lain kenapa mereka yang tak bisa mendengar lebih senang dipanggil tuli,” kata Citra. “Karena kalau melihat tuna rungu itu adalah kata medis yang mengartikan mereka itu tidak bisa mendengar dan ingin mendengar,”

“Sedangkan tuli adalah mereka yang sudah merasa grateful (bersyukur) aja gitu dengan keadaan mereka. Mereka merasa hanya berbeda bahasa. Jadi sama aja contohnya kalo kita ke luar negeri, mereka pakai bahasa mereka, kita pakai bahasa kita. Jadi sebenarnya gak ada perbedaan apa-apa,” lanjut Citra.

Baca juga: Citra Scholastika Usung Musik EDM di Single Terbaru!

Mereka yang tuli masih bisa berkarya, di luar sana masih bisa berjuang sama seperti kita, itu yang ingin disampaikan oleh Citra. Mereka merasa tak perlu bisa mendengar karena mereka punya bahasa sendiri dan bersyukur atas keadaan mereka semua.

Karena itulah mereka yang tak bisa mendengar tak ingin dibedakan, termasuk dari cara mendengarkan musik. Karena uniknya, mereka ternyata memiliki cara sendiri untuk menikmati musik, lho. Termasuk dalam merasakan patah hati.

Karena siapa yang tak pernah merasakan patah hati, bukan? Perasaan dan cara hidup orang biasa atau pun mereka yang tuli sangat universal. Yuk, nikmati pesan menyenangkan ini sambil menonton video klip uniknya di bawah ini.

Jangan lupa untuk saksikan Live Video Streaming 'Fridaykustik' Jumat malam ini di Dreamers.id!

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Lee Do Hyun telah dikonfirmasi untuk menghadiri upacara penghargaan Baeksang Arts Awards 2024, di mana dua karyanya dari drama maupun film menerima nominasi....
  • HOT !
      Aktor Nicholas Galitzine, mengungkapkan bagaimana dia menganalisis BTS untuk mendalami perannya sebagai member boy band dalam film ‘The Idea of You’....
  • HOT !
    Yuqi (G)I DLE, yang baru baru ini melakukan debut solonya, membuat para penggemar yang datang ke jadwal panggungnya terkesan dengan hadiah kejutan. Idola K pop ini rupanya menepati janjinya untuk mentraktir fans....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)