home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sempat Viral, Monyet Selfie Sulawesi Ini Terancam Punah Karena Diburu dan Dikonsumsi

Kamis, 06 April 2017 16:00 by reinasoebisono | 2799 hits
Sempat Viral, Monyet Selfie Sulawesi Ini Terancam Punah Karena Diburu dan Dikonsumsi
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Monyet hitam asal Sulawesi, Indonesia bernama Macaca nigra atau disebut yaki oleh penduduk setempat, sempat mendadak populer dan jadi viral di sosial media skala dunia. Bahkan, meme lucu beredar sejak 2011 lalu.

Kejadian unik ini bermula ketika seekor monyet bernama Naruto tiba-tiba mengambil kamera fotografer Inggris, David Slater saat mengunjungi Gunung Tangkoko Batuangus, Sulawesi Utara. Lucunya, pengadilan Amerika sempat turun tangan untuk menentukan apa seekor monyet bisa mendapat hak cipta atas foto wajahnya.


Image source: Meme Super

Namun kini, monyet berjambul spesies macaque itu terancam punah karena populasi mereka turun drastis, lansir Kompas. Memang, sekitar 2.000 monyet yang tinggal di cagar alam seluas 8.800 hektar bisa mendapat perlindungan. Namun sekitar 3.000 monyet lainnya diburu oleh masyarakat sekitar untuk dimakan!

"Di tempat lainnya, sejumlah spesies macaque terancam punah karena menyusutnya habitat," ujar Yunita Siwi dari Selamatkan Yaki, sebuah yayasan kampanye untuk melindungi primata tersebut.

Baca juga: Viral Monyet 'Selfie' Bareng Pengunjung di Bali, Terungkap Cara Membuatnya

Di sebuah pasar Tomohon, daging monyet memang biasa diperjualbelikan untuk menjadi konsumsi sehari-hari. Tak hanya daging monyet, daging satwa lain pun turut dijajakan, seperti ular, babi hutan dan anjing.


Daging-daging monyet yang dijual di pasar Tomohon (Kompas)

"Saya suka rasanya (daging monyet), panas dan pedas, mirip dengan rasa babi hutan atau anjing," ujar Nita (32) warga Minahasa setempat.

Pihak berwenang dan aktivis pun terus membujuk warga desa di Sulawesi untuk berhenti mengonsumsi daging monyet. LSM dan pemerintah daerah juga mendorong sekolah-sekolah untuk memasukkan pelajaran tentang konservasi, termasuk tentang Macaca nigra.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)