home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Peneliti Temukan Serangan Ransomware WannaCry Berhubungan dengan Korea Utara

Selasa, 16 Mei 2017 14:00 by fzhchyn | 2932 hits
Peneliti Temukan Serangan Ransomware WannaCry Berhubungan dengan Korea Utara
Image source: Lifehacker Australia

DREAMERS.ID - Siapa dalang di balik serangan Ransomware WannaCry yang telah menggebohkan dunia sejak akhir pekan lalu masih menjadi misteri. Yang jelas, kelompok peretas atau hacker berhasil mencuri celah kemanan ini dari badan kemanan nasional Amerika Serikat atau National Security Agency (NSA).

Namun kini periset keamanan IT melaporkan munculnya indikasi kemungkinan keterlibatan Korea Utara dalam serangan siber global tersebut. Peneliti Google, Neel Mehta, memasang kode komputer yang menunjukan kesamaan antara ransomware WannaCry dan upaya peretasan meluas yang selama ini melibatkan Pyongyang.

Peneliti dari perusahaan keamanan Kaspersky Lab mengatakan kode komputer tersebut merupakan petunjuk yang penting untuk mengusut pelaku penyebar malware ini. “Untuk saat ini, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk meneliti WannaCry versi yang lebih lama,” kata salah satu peneliti di Kapersky, Selasa (16/5).

Menurut perusahaan berbasis di Rusia itu, kemiripan kode merujuk pada sekelompok hacker yang sering dikenal dengan kode nama Lazarus, yang diyakini bertanggung jawab atas peretasan perusahaan Sony Pictures pada 2014 silam dan peretasan bank sentral Bangladesh dan sejumlah negara lainnya.

Baca juga: Terungkap! Ini Dia Sosok Programmer Korea Utara Dalang Virus WannaCry yang Sempat Viral

Symantec juga menemukan hubungan serupa, menurut sebuah laporan dalam Cyberscoop, meskipun perusahaan itu mengatakan sulit memecahkan arti kode bersama tersebut. "Meskipun kaitan itu ada, namun sejauh ini masih lemah. Kami terus menyelidiki untuk menemukan kaitan yang kuat," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Pada level tertentu, sulit mengetahui apa yang harus diperbuat untuk temuan ini. WannaCry berperilaku seperti penjahat standar, dan sebelum temuan terbaru ini, tidak ada alasan untuk mencurigai sebuah negara berada di belakangnya.

Bahkan jika semua asumsi Kaspersky benar adanya, bisa jadi hasil itu dari pelanggaran data internal, bukan operasi pemerintah. Namun, ini adalah petunjuk yang menarik tentang asal-usul salah satu virus paling merusak yang pernah ada dalam sejarah internet.

(fzh/cnn/antara)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)