home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Makna Tersembunyi Di Balik Kata-Kata 'Gebuk PKI' Milik Jokowi

Minggu, 21 Mei 2017 20:00 by reinasoebisono | 2254 hits
Makna Tersembunyi Di Balik Kata-Kata 'Gebuk PKI' Milik Jokowi
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Presiden Jokowi makin dikenal dengan kebiasaannya memberikan ‘tanda’ dalam menanggapi isu yang terjadi di Indonesia. Yang belum lama, ia menaiki motor trail saat meninjau jalur Trans Papua di tengah polemik Freeport dan Indonesia.

Beberapa hari yang lalu, Presiden Jokowi menyinggung langsung dengan kata-kata tentang Partai Komunis Indonesia (PKI). Sebanyak dua kali, Jokowi menyebut PKI saat bertemu pemimpin redaksi media nasional di Istana Merdeka dan saat berkunjung ke Kepulauan Natuna, Kepri.

"Kalau PKI muncul, gebuk saja," ujar mantan gubernur DKI itu, Rabu (17/5) lalu. "Ya, kita gebuk, kita tendang. Sudah jelas itu. Jangan ditanya-tanyakan lagi, payung hukumnya sudah jelas," kata Jokowi, Jumat (19/5).

Menurut pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada Erwan Agus Purwanto, ada pesan semiotika atau tanda di balik frasa ‘gebuk’. Tak hanya menyinggung isu PKI, namun sekaligus beberapa isu lain. Di antaranya juga isu radikalisme yang muncul belakangan.

Baca juga: Resmi, Menhan Prabowo Sandang Bintang 4 Di Pundaknya

"Gebuk PKI itu sebagai pengantar presiden untuk menanggapi berbagai kejadian terkini. Secara umum ingin mengatakan bahwa kalau ada ancaman yang ingin mengganggu NKRI, presiden dan pemerintah Indonesia akan bertindak tegas," kata Erwan kepada CNNIndonesia.

Di sisi lain, Jokowi yang pernah terkena isu sang Ibunda adalah PKI sepertinya juga ingin mengambil kesempatan kepercayaan masyarakat untuk persiapan Pilpres 2019. Psikolog Universitas Indonesia Hamdi Muluk pun mengamini hal tersebut. Pernyataan Jokowi sekaligus menjawab fitnah jika dia dan PDIP adalah PKI.

"Ucapan ini memang ditunggu oleh rakyat Indonesia yang selama ini silent majority ketika Pilkada kemarin gaduh dengan isu SARA. Rakyat jadi tenang bahwa kepala negara tegas dan tanpa ragu-ragu memerintahkan TNI dan Polri mengawal," kata Hamdi.

Terlepas dengan dugaan makna tujuan Jokowi, seudah sepantasnya seorang kepala negara berbicara tegas untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang menjunjung tinggi Undang-Undang 1945 dan Pancasila menuju Bhineka Tunggal Ika.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)