home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Keren! Karya Seniman Ini Angkat Kembali Budaya Ukiran Tradisional dengan Sabun

Selasa, 30 Mei 2017 12:19 by dodo07 | 2591 hits
Keren! Karya Seniman Ini Angkat Kembali Budaya Ukiran Tradisional dengan Sabun
Image source: mymoderenmet

DREAMERS.ID - Menciptakan karya seni memang terkadang dapat dibuat dengan media yang tak biasa dan jarang terpikirkan. Seperti yang dilakukan oleh seniman ​asal Thailand ini yang berhasil membawa tradisi panjang dari negaranya ke dalam karya seni berbahan dasar sabun.

Selama ini, Thailand memang cukup dikenal dengan karya seni ukiran yang detail dan rumit. Namun, jika biasanya ukiran tersebut dibuat dari kayu, seniman bernama Narong tersebut berani mengangkat kembali budaya ukiran dengan menggunakan sabun sebagai medianya.


image source: mymoderenmet

Menurut Narong, ukiran sabun sebenarnya telah lama ada dengan media awalnya adalah buah dan sayuran. Namun, setelah revolusi Siam di tahun 1932, karya seni ini sempat tak populer. Barulah belakangan ini seni ukiran kembali populer karena kerap diajarkan di sekolah-sekolah, seperti dilansir Mymoderenmet.


Image source: mymoderenmet

Karena memang berniat mengangkat kembali budaya tradisional Thailand, Narong sengaja membuat ukiran dengan pola bunga atau naga tradisioal. Hal itu juga dikarenakan karya seni kontemporernya tersebut lebih mudah didapatkan.

"Karya saya mendorong batas-batas yang ada dengan ukiran sabun," katanya. 

Sementara itu, seni mengukir diketahui berasal dari Sukothai yang dimulai pada abad ke-13 ketika, salah satu pelayan Raja bernama Nang Noppamart memikirkan bagaimana bisa membuat dekorasi untuk persiapan festival Loi Krathong. Hingga akhirnya ia menemukan ide untuk membuat ukiran bunga dan burung untuk memperindah keranjangnya sebelum diapungkan ke sunga dalam festival tersebut.

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)