home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bocah 10 Tahun Asal Indonesia Ini Pukau CEO Apple dengan Aplikasi Buatannya

Senin, 19 Juni 2017 13:10 by fzhchyn | 9625 hits
Bocah 10 Tahun Asal Indonesia Ini Pukau CEO Apple dengan Aplikasi Buatannya
Image source: twitter

DREAMERS.ID - Beberapa waktu yang lalu, Apple baru menyelenggarakan acara tahunan tempat berkumpulnya para pengembang atau pembuat aplikasi, Worldwide Developers Conference (WWDC) di San Jose, Amerika Serikat. Dari banyaknya developer yang hadir, CEO Apple Tim Cook rupanya menaruh perhatian pada seorang bocah bernama Yuma Soerianto.

Yuma merupakan murid dari sekolah Midle Park Primary School di Melbourne, Australia. Bagi bocah 10 tahun tersebut, ini adalah pengalaman pertamanya menghadiri konferensi tersebut. Sebelum acara resmi berlangsung, Yuma sempat bertemu Cook yang terkesan dengan aplikasi buatannya yang diciptakan untuk membantu orang tuanya menentukan harga sebuah barang.

Harga ini sudah termasuk harga sesuai penjual lokal dan pajak, serta disajikan dalam bentuk yang sudah dikonversi ke mata uang yang digunakan. Ini menurutnya akan berguna ketika mereka pergi berbelanja souvenir untuk oleh-oleh dari perjalanan mereka.

Baca juga: iPhone 15 Baru Bisa Dipesan, Apple Dikabarkan Tengah Siapkan iPad Lipat!

"Keren sekali, hebat," komentar Cook setelah menyaksikan Yuma mendemokan aplikasinya. "Dan kamu membuatnya di pesawat dalam perjalanan dari Australia ke AS? Wow. Kamu bisa membuat aplikasi dalam hitungan jam. Saya terkesan. Saya tak sabar melihat karyamu selanjutnya," puji Cook.

Setelah dilakukan penelusuran oleh media ABC Australia Plus Indonesia, diketahui jika keluarga Yuma berasal dari Indonesia. "Saya dulu berasal dari Jakarta, dan kami sudah berada di Australia selama delapan tahun. Kami tinggal di Singapura selama ini dan Yuma lahir di sana. Kami pindah ke Australia ketika Yuma berusia tiga tahun." kata Hendri, ayah Yuma dalam percakapan email dengan wartawan ABC Australia Plus Indonesia, Sastra Wijaya.

Yuma mulai suka belajar coding sejak usia enam tahun, karena menurutnya PR di sekolah kurang menantang. Dia menciptakan aplikasi pertamanya tahun lalu, dan saat ini sudah punya lima aplikasi yang dipajang di App Store, yaitu Let's Stack, Hunger Button, Kid Calculator, Weather Duck dan Pocket Poke.

(fzh/detik/liputan6)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)