home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Peran dan Kesamaan 93 Warga Cina Terkait 'Cyber Crime' di Surabaya dan Pondok Indah

Minggu, 30 Juli 2017 12:31 by reinasoebisono | 1177 hits
Ini Peran dan Kesamaan 93 Warga Cina Terkait 'Cyber Crime' di Surabaya dan Pondok Indah
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Tak butuh waktu lama untuk kepolisian menangkap lebih banyak lagi warga negara asing yang melakukan kejahatan siber jaringan internasional atau cyber crime. Setelah menggerebek 29 orang warga negara Cina di Pondok Indah, kini Surabaya menjadi lokasi selanjutnya.

Melansir Detik, sebanyak 93 WNA diamankan di kawasan perumahan mewah di Surabaya, Jawa Timur. Kesamaan dengan penggerebekan di Pondok Indah, para pelaku tinggal di rumah mewah dan menyasar korban yang berada di Cina.

Kepala Tim Tindak Satgas Khusus Mabes Polri AKBP Susatyo Purnomo Condro mengatakan, para pelaku kejahatan siber tersebut mempunyai peran mulai mengintip harta calon korban hingga berperan sebagai aparat hukum. Tugas-tugas rtersebut dibagi dalam empat level.

Baca juga: Korsel Kena Serang 6000 Hacker Korut, Pejabat Desak Keamanan Diperketat

"Mereka terdiri beberapa level, mulai 1 hingga 4 yang berada di 4 rumah berbeda," kata AKBP Susatyo Purnomo Condro di lokasi penggrebekan Perumahan Graha Family Blok N1 Surabaya, Jawa Timur.

"Setelah melakukan profiling dengan menggunakan ilegal akses di level 1, kemudian level berikutnya mengisukan pada korban jika telah melakukan tindak pidana. Level selanjutnya melakukan aksi penipuan dengan berperan sebagai petugas hingga korban menyerahkan uang agar kasus yang di skenariokan komplotan pelaku agar tidak berlanjut," ungkap Susatyo.

Polisi juga membenarkan jika para pelaku yang digerebek di beberapa lokasi yaitu Bali, Jakarta, batam dan Surabaya adalah satu jaringan. Tengah melakukan data dan inventaris, sayangnya para pelaku tidak bisa berbahasa Indonesia mau pun Inggris. Pada prakteknya, mereka melakukan penipuan dan pemerasan bermodus kejahatan siber.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)