home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gubernur Djarot Justru Pertanyakan Motif Pemindahan Ibu Kota ke Luar Jawa?

Senin, 31 Juli 2017 15:00 by reinasoebisono | 759 hits
Gubernur Djarot Justru Pertanyakan Motif Pemindahan Ibu Kota ke Luar Jawa?
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Wacana pemindahan ibu kota negara ke lokasi lain memang terlihat digarap serius oleh pemerintah. Sederet kajian diklaim tengah dilakukan sebagai persiapan dimulainya proses mulai tahun depan. Ada yang pro dan ada yang kontra, begitu juga dengan Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat yang justru tak yakin dengan rencana tersebut.

"Kalaupun ada wacana pindah (ibu kota), maaf Bapak Presiden, kami masih belum yakin, Terhadap aura dan cikal bakal bahwa Jakarta adalah miniatur Indonesia," kata Djarot di Setu Babakan, Minggu (30/7) pada saat perayaan Lebaran Betawi 2017.

"Hal seperti ini tidak perlu diwacanakan terlalu melebar, yang penting kita kerja keras. Jakarta sebagai ibu kota negara yang bukan hanya dibanggakan bangsa Indonesia tapi sejajar ibu kota negara lain," ucap dia.

Baca juga: Ahok Ketika Ditanya Perasaanya Bertemu dengan Anies: Aku Orangnya Cepet 'Move On'

Djarot menambahkan, salah satu faktor mengapa Jakarta lebih unggul sebagai ibu kota karena Jakarta salah satu pelopor kebinekaan. Terlebih dengan serangkaian peningkatan infrastruktur yang dikebutnya hingga akhir jabatan Oktober nanti. Djarot pun masih mengatakan hal yang sama hingga Senin (31/7) hari ini.

"Bukan hal sederhana. Kalau saya sebaiknya kita kembangkan Jakarta supaya layak jadi ibu kota negara. Apa sih persoalan di Jakarta? Ini kan macet, maka kita geber betul pembangunan sektor transportasi publik," kata Djarot di Balai Kota Jakarta. "Memang masih macet, tapi coba lihat kalau program ini tetap berlanjut, program pembenahan transportasi publik di Jakarta sudah dimulai, baru mencapai 50-60%, jika ini diteruskan maka akan sangat berkurang kemacetannya,"

"Integrasi antarsistem transportasi dilakukan, itu perintah Presiden, baik itu antara commuter line, TJ, LRT, MRT. Dan kemudian perlu dibangun sistem integrasi betul, bukan hanya di Jakarta tapi juga kawasan sekitarnya," ungkap Djarot. "Saya pikir kalo kita konsisten seperti ini, maka menurut saya, ngapain ibu kota negara dipindah," 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)