home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kata Analis Asing Soal Isu Pelanggaran HAM Jadi Penyebab Dilarangnya Jenderal Gatot Masuk Amerika

Selasa, 24 Oktober 2017 11:40 by reinasoebisono | 1169 hits
Kata Analis Asing Soal Isu Pelanggaran HAM Jadi Penyebab Dilarangnya Jenderal Gatot Masuk Amerika
Image source: South China Morning Post

DREAMERS.ID - Penyebab ditolaknya Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo masuk ke Amerika Serikat masih jadi misteri. Pihak Kedubes Amerika Serikat, bahkan Menteri Pertahanan James Mattis telah menyampaikan permohonan maaf, penyebab pencekalan masih belum juga terungkap.

Sebelumnya, Mantan Kepala Badan Intelijen Strategis TNI mengatakan perlu ada kajian lebih lanjut soal penyebabnya, karena diketahui ada boarding pass di rute pasca transit Doha-AS yang tidak keluar. Namun tetap saja isu pelanggaran HAM bergulir liar di kalangan masyarakat dan netizen.

Analis dan pengamat dari Lowy Institute Australia, Aaron Connely justru menyatakan jika larangan Jenderal Gatot ini mungkin disebabkan oleh amburadulnya administrasi di Amerika, bukan terkait masalah substantif seperti pelanggaran HAM.

"Jika ada masalah substantif yang menghalangi dia masuk Amerika Serikat, tentu dia tak akan diundang," ujar Connelly seperti dikutip dari Sydney Morning Herald, 22 Oktober 2017. "Tapi karena Gatot telah membangun reputasi dalam soal ancaman terhadap kedaulatan Indonesia, kasus ini dapat meningkatkan kedudukannya di mata masyarakat Indonesia terkait urusan nasionalisme," ujar Connely.

Sydney Morning Herald mengingatkan Gatot Nurmantyo memang kerap berbicara soal potensi ancaman kedaulatan bangsa. Gatot, misalnya, pernah menyoal kehadiran 1.500 sampai 2.500 personel Marinir AS di Darwin, Australia bagian utara. "Mengapa tidak di Filipina? AS punya pangkalan militer di sana. Tidak masalah. Tapi ini Darwin," kata Gatot di Universitas Padjadjaran, Bandung, November 2016 mengutip Liputan6.

Baca juga: Korea Utara Kutuk Keras Amerika yang Gunakan Hak Veto Tolak Gencatan Senjata di Gaza

Alanis militer dari Universitas Indonesia (UI), Connie Rahakundini Bakrie juga meragukan jika pencekalan jenderal TNI itu terkait pelanggaran HAM. Pasalnya, penolakan terjadi di menit terakhir dan sebelumnya Gatot aman saja berkunjung ke AS.

Meski diduga kuat masalah ini karena hal administratif, Cnnie menyatakan pemerintah harus tetap tegas dan protes karena termasuk masalah sangat serius untuk hubungan bilateral. "Jika ada masalah substantif terkait Gatot Nurmantyo ke Amerika Serikat, seharusnya disampaikan dari awal saat akan diundang," kata Connie.

Ada juga rumor kedekatan Jenderal Gatot dengan kelompok Islam tertentu yang belakangan rajin berdemo, namun Connie tetap tidak ingin mengaitkannya dengan hal tersebut. Yang penting kini adalah membangun marwah dan martabat TNI di mata dunia.

"Enggak ke sana hubungannya. Jangan terlalu jauh. Kalau pun bermasalah, tidak untuk case tersebut," ujar Connie. "Jadi enggak akan berani main-main seperti ini lagi, as if they are trying to taste the water," 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)