home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ada Pesan Moral Tersembunyi dalam Drama 'Strong Woman Do Bong Soon'

Kamis, 16 November 2017 12:45 by fzhchyn | 2659 hits
Ada Pesan Moral Tersembunyi dalam Drama 'Strong Woman Do Bong Soon'
Image source: JTBC

DREAMERS.ID - Kebanyakan drama Korea saat ini tak hanya menampilkan cerita romantis, lucu, maupun menegangkan yang disukai penonton. Tapi juga ada pesan moral yang ingin ditunjukkan untuk membuka mata publik akan suatu hal. Salah satunya adalah drama JTBC Strong Woman Do Bong Soon yang menyelipkan pesan moral terkait kesetaraan gender, yang tak hanya menjadi perhatian di Korea tapi juga seluruh dunia.

Dibintangi Park Bo Young sebagai Do Bong Soon si superhero mungil, drama ini mengajak penonton melihat perjalanan cinta dan tawa seorang gadis muda dalam melalui kehidupan yang unik karena memiliki kekuatan super, di saat dirinya hidup dalam masyarakat yang menuntut seorang wanita sejatinya memiliki imej yang imut dan feminin.

Seperti kebanyakan negara Asia, Korea juga masih begitu patriarki, di mana laki-laki dan perempuan diharapkan memiliki cara dan peran tententu dalam sebuah sistem masyarakat. Sehingga ketidaksetaraan gender masih menjadi masalah di negeri ginseng ini.

Baca juga: JTBC Siapkan Seri Ketiga Drama Strong Woman Do Bong Soon

Karena prasangka sosial di masyarakat yang menganggap wanita makhluk lemah inilah Do Bong Soon menyembunyikan identitasnya yang memiliki kekuatan super. Dalam beberapa adegan bahkan terlihat bagaimana pria memandang rendah dirinya. Meski begitu, Do Bong Soon akhirnya bertekad untuk menggunakan kekuatannya dengan cara yang tepat tanpa mempedulikan anggapan orang lain.

“Pesan sesungguhnya yang ingin disampaikan drama ini adalah dengan menunjukkan bagaimana Do Bong Soon menyadari kemampuan spesialnya bukanlah sesuatu yang perlu disembunyikan namun sebuah anugrah dan dia mulai mencintai dirinya sendiri,” kata kritikus budaya Jung Duk Hyun.

“Untuk melakukannya, drama ini akan melanggar diskriminasi dan prasangka tentang peran gender di kehidupan masyarakat saat ini. Drama ini pada akhirnya akan bertanya pada masyarakat bahwa memangnya apa yang salah dengan wanita kuat?” pungkasnya.

(fzh/Image source: JTBC)

Komentar
  • HOT !
    BTS akan membuka pop up store bertajuk 'MONOCHROME' di berbagai negara untuk merayakan anniversary debut mereka yang ke 11!...
  • HOT !
    Dalam konferensi pers darurat pada Kamis (25/4), Min Hee Jin menekankan bahwa dia tidak memiliki rencana untuk merebut hak manajemen, dengan mengatakan, “Saya seorang CEO yang digaji."...
  • HOT !
    Dalam konferensi pers yang digelar Kamis (25/4), Min Hee Jin membahas reaksi NewJeans di tengah perseteruannya dengan HYBE....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)