home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hati-hati, Banyak Beredar Foto Hoax Soal Bom Mesir yang Tewaskan 235 Orang

Sabtu, 25 November 2017 11:00 by reinasoebisono | 1259 hits
Hati-hati, Banyak Beredar Foto Hoax Soal Bom Mesir yang Tewaskan 235 Orang
Image source: Independent

DREAMERS.ID - Bagaimana kita mengetahui apakah sebuah foto adalah benar menerangkan sebuah kejadian dan bukan dari kejadian-kejadian sebelumnya? Karena dari tragedi mengerikan bom Sinai, Mesir yang terjadi 24 November kemarin, ternyata banyak info dan dokumentasi hoax alias bohong beredar.

Sesaat setelah kejadian, situs berita Al-Araby membagian foto dramatis dari keramaian yang terlihat di luar gedung yang tengah terbakar. ‘Sinai: 200 orang tewas dan terluka di bom sebuah masjid’, begitu tajuk berita yang disiarkan.


Foto yang diunggah Al-Araby

Ambulans yang terlihat memang membuktikan foto ini terjadi di Mesir, namun setelah ditelusuri BBC, foto tersebut bukanlah foto dari pengeboman di Sinai kemarin. Melainkan diambil oleh seorang fotografi yang bekerja untuk agensi berita AFP tahun 2015.

Caranya, klik kanan di mouse dan pilih search for image, dan akan dibawa ke beberapa sumber dari mana foto itu muncul. Ada pula sebuah video yang memberi judul ‘Saat bom meledak di Masjid Al-Rawda di Sinai’.


Image source: BBC

Baca juga: Sempat Viral, Agensi Chungha Kenalkan Anggota Boy Grup Baru

Padahal, video ini diunggah oleh sebuah akun Twitter bernama Mohammad Boland pada tahun 2015. Kala itu terjadi serangan di Masjid Shiite di Arab Saudi bagian Timur. Video ini kualitasnya juga diturunkan agar ketika diungga ulang, sedikit sulit melacak keaslian sumbernya.

Ada juga sebuah foto yang menunjukkan minaret masjid runtuh selama ledakan. Padahal kejadian itu tidak terjadi di Sinai, melainkan diambil di Mosul, Irak pada tahun 2014. Jika dibandingkan dengan Minaret masjid Sinai kemarin, terlihat jauh berbeda.

Karena itu masyarakat dan netizen dihimbau lebih kritis dan waspada atas beredarnya informasi bohong yang menimbulkan kesalahan persepsi serta meresahkan. Sementara itu masjid di Sinai, Mesir kemarin mendapat serangan bom dan penembakan dari sekelompok militan ketika Solat Jumat hingga 235 orang meninggal.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)