home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Keterangan Kru Cathay Pacific yang Menyaksikan Langsung Uji Coba Rudal Korut di Langit

Rabu, 06 Desember 2017 23:00 by reinasoebisono | 1369 hits
Keterangan Kru Cathay Pacific yang Menyaksikan Langsung Uji Coba Rudal Korut di Langit
Image source: Cathay Pacific

DREAMERS.ID - Uji coba rudal Korea Utara selalu menarik perhatian dunia karena dianggap mengancam keamanan, terutama untuk negara-negara yang bersinggungan dalam atmosfir berseberangan, seperti Korea Selatan, Jepang dan Amerika Serikat.

Baru-baru ini, ternyata kru maskapai Cathay Pacific menjadi saksi langsung ketika momen uji coba rudal Korea Utara ketika sedang terbang di langit Jepang pada pekan lalu. Hal ini terungkap dalam pemberitaan South China Morning Post yang memuat kesaksian salah satu manajernya, Mark Hoey.

Melansir CNN Indonesia, Hoey mengungkapkan suasana dalam pesawat dengan nomor penerbangan CX893 yang lepas landas dari San Fransisco menuju Hong Kong pada 29 November silam. Ketika pesawat melintasi langit Jepang.

Para kru terhenyak melihat kejadian ketika rudal milik Korea Utara itu masuk kembali ke atmosfer bumi sebelum akhirnya meledak dan hancur. Hoey pun memberi keterangan kepada seluruh kru kabinnya.

Baca juga: Korea Utara Kutuk Keras Amerika yang Gunakan Hak Veto Tolak Gencatan Senjata di Gaza

“Perhatian, kita menyaksikan rudal Korut meledak dan hancur di dekat lokasi kita sekarang ini,” ujar Hoey saat itu.

Meski begitu, pesawat Cathay Pacific itu memutuskan tidak mengubah haluan penerbangan namun tetap melapor ke menara pengatur lalu lintas udara Jepang sesuai prosedur. Kawasan ini memang jadi sorotan setelah Korut berulang kali mengancam akan meluncurkan rudal menyerang Guam, wilayah AS di Pasifik yang memiliki jalur melewati Jepang.

Awalnya, para ahli sempat meragukan kemampuan senjata tersebut. Namun dengan serangkaian uji coba rudal balistiknya, diakui jika senjata tersebut dapat menjangkau seluruh penjuru AS. Hal ini juga  membuat AS dan negara sekutunya menggelar latihan militer besar-besaran yang dinilai sebagai tindakan provokatif.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)